IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta harus menelan pil pahit setelah mengalami empat kekalahan beruntun. Namun, cerita menjadi berbeda ketika mereka menghadapi Hangtuah di IBL Seri 5 Bandung. Mereka akhirnya bisa mengakhiri paceklik setelah menang dengan skor 77-59 di C-Tra Arena, Bandung, Minggu 27 Januari 2019.

Dior Lowhorn menjadi pencetak angka terbanyak dengan dobel-dobel 25 poin dan 14 rebound. Jamarr Johnson 19 poin, 10 rebound, dan 7 asis. Arki Wisnu menambahkan 13 poin.

Di kubu lawan, Hangtuah mengandalkan duo garda mereka. Gary Jacobs Jr. mencetak dobel-dobel 17 poin dan 10 rebound. Sementara itu, Abraham Wenas mengumpulkan 17 poin. Jarad Scott, senter asing, kemudian menjadi pencetak skor terbanyak dengan 20 poin plus 10 rebound. Namun, mereka tidak juga bisa memetik kemenangan karena Satria Muda bermain baik di awal pertandingan  

Satria Muda berhasil mengatasi Hangtuah di kuarter satu dengan unggul lebih dulu. Saat itu, Satria Muda cenderung bertumpu pada permainan senter asing mereka. Lowhorn mencetak 15 poin dan 5 rebound. Satria Muda pun memimpin dengan selisih 14 poin (22-8).

Di kuarter dua, Satria Muda mulai membagi peran kepada pemain lokal. Secara total, pemain lokal di kuarter itu mencetak 14 poin. Arki Wisnu dan Hardianus masing-masing 5 dan 4 poin. Satria Muda tetap unggul 38-23.

Setelah istirahat paruh pertama, Hangtuah mulai panas. Mereka bahkan sempat memangkas ketinggalan 15 poin menjadi 5 saja. Satria Muda saat itu sebenarnya masih unggul 49-44. Namun, Kepala Pelatih Youbel Sondakh sengaja mengambil jeda (timeout) di sisa waktu 1:29. Sebab, Hangtuah bisa saja memanfaatkan momentum mereka untuk menjungkirkan Satria Muda.

Upaya Youbel tampak berhasil. Satria Muda bisa bertahan di sisa waktu itu. Mereka tetap unggul dengan selisih tujuh poin (54-47).  

Di kuarter empat, Satria Muda kembali menjauh. Mereka unggul 69-53 di sisa waktu 2:26. Hangtuah tidak bisa mengatasi perlawanan tim juara bertahan itu di sisa waktu yang ada. Satria Muda akhirnya mengakhiri paceklik kemenangan. Sebab, sebelum ini, mereka kalah empat kali beruntun. Satria Muda menang dengan hasil akhir 77-59.

Dengan kemenangan ini, Satria Muda berarti meraih 1 kemenangan dari 3 pertandingan di Seri 5. Sementara itu, Hangtuah menutup seri ini tanpa sekalipun memenangkan pertandingan. Keduanya akan bermain lagi pekan depan di Seri 6 Surabaya. (GNP)

Foto: Mei Linda

Komentar