IBL

Hangtuah akhirnya meraih kemenangan pertamanya musim ini. Menghadapi NSH Jakarta di GOR Sahabat, Semarang, 1 Desember, Hangtuah menang 89-81. Poin terbanyak Hangtuah diberikan oleh senter asing Jarad Scott dengan 32 poin dan 15 rebound.

Garda asing Hangtuah yang dua musim berturut-turut sebelumnya sudah bermain di IBL Gary Jacobs Jr. mencetak 15 poin, 6 rebound, dan 9 asis. Sumbangan Gary bukanlah yang terbanyak kedua atau ketiga di antara pemain Hangtuah. Adalah Abraham Wenas dengan 23 poin, 4 rebound, dan 4 asis, serta Stevan Wilfredo Neno dengan 19 poin yang menyusul Jarad Scott.

NSH yang begitu padu saat mengalahkan Prawira Bandung, kemarin, 30 November, kesulitan menjaga ritme permainan. Kepala pelatih NSH Wahyu W. Jati dengan tegas mengatakan hal tersebut seusai laga.

“Sulit mengubah karakter para pemain saya. Hari ini, permainan kami lemas. Beberapa kali saya mintanya apa, yang dilakukan apa (berbeda). Tidak ada lagi tekanan-tekanan berarti untuk lawan,” kata Wahyu.

Laga berjalan sangat ketat. Walau Hangtuah sempat unggul hingga 13 poin, dan NSH sempat unggul 8 angka, kedua tim bergantian saling mengungguli. Ada 24 kali pergantian keunggulan raihan angka selama pertandingan.

Seperti halnya Abraham Wenas di Hangtuah, forwarda lokal NSH M. Irman juga mencetak lebih banyak angka daripada salah satu pemain asing mereka. Irman mencetak 14 poin, sementara garda asing Dashaun Wiggins hanya 12 angka. Poin terbanyak NSH diberikan oleh senter asing Anthony Simpson dengan 21 poin ditambah 11 rebound.

“Kami butuh kemenangan ini,” kata Andika Supriadi, kepala pelatih Hangtuah. “Musim lalu, rekor kami sampai 0-4 di awal musim. Untuk bangkit mengejar satu kemenangan itu terasa berat sekali.”

Besok, 2 Desember, Hangtuah masih akan bermain menghadapi Bogor Siliwangi. Sementara NSH akan menghadapi Pacific Caesar Surabaya.

Foto: Hariyanto

Komentar