IBL

Pelita Jaya Basketball berhasil menundukkan Hangtuah dalam pertandingan lanjutan IBL 2018-2019. Mereka menang 82-79 di C-Tra Arena, Bandung, Jumat 25 Januari 2019. Hasil itu lantas menjadi kemenangan perdana Pelita Jaya di IBL Seri 5 Bandung.

Xaverius Prawiro, pemain senior Pelita Jaya, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 20 poin. Andakara Prastawa di belakangnya dengan 18 poin. Dua pemain asing baru, Nate Barfield dan Carlton Hurst, juga menyumbang dobel digit poin. Barfield bahkan dobel-dobel 17 poin dan 19 rebound sementara Hurst 13 poin.

Di sisi lain, Hangtuah memberikan perlawanan lewat Jarad Scott. Senter asing itu mencetak 29 poin dan 8 rebound. Gary Jacobs Jr. menyusul dengan 25 poin plus 7 asis. Abraham Wenas, garda lokal, menambahkan 10 poin. Namun, mereka gagal merebut kemenangan di pertandingan perdananya Seri 5 Bandung.

Pelita Jaya unggul di bawah ring. Mereka mencetak 40 poin dari sana dengan kesempatan kedua sebanyak 18 poin. Para pemain Pelita Jaya bahkan unggul jauh dalam merebut bola-bola pantul. Perbandingannya 42-28. Penguasaan bola itulah yang kemudian menjadi salah satu faktor menangnya Pelita Jaya.  

Hangtuah sebenarnya unggul di paruh pertama. Mereka memimpin dengan selisih enam poin (26-20) di kuarter satu. Saat itu, Jacobs Jr. dan Scott membuka pertandingan dengan total 17 poin untuk Hangtuah.

Di kuarter dua, Pelita Jaya bisa memangkas ketertinggalan mereka menjadi empat poin. Tim asuhan Fictor Roring itu mencetak 20-18 sehingga total skor di paruh pertama berubah 40-44. Para pemain Pelita Jaya saat itu dominan di bawah ring. Sampai di kuarter itu, mereka bisa memetik sedikitnya 18 poin dari sana.

Pertandingan berlanjut ke kuarter tiga. Pelita Jaya memanfaatkan permainan bawah ring lagi untuk mendulang 14 poin tambahan. Senter asing mereka, Barfield, juga sudah mengumpulkan dobel-dobel 17 poin dan 11 rebound hanya dalam tiga kuarter. Pelita Jaya menjauh 68-59.

Pelita Jaya boleh saja unggul, tetapi Hangtuah rupanya menolak menyerah. Ada sisa 10 menit yang bisa mereka manfaatkan di pertandingan ini. Hangtuah pun berusaha menghentikan Barfield yang sejak awal menyerang lewat bawah ring. Sayangnya, mereka gagal memenangkan pertandingan karena—selain Barfield—Pelita Jaya masih punya Xaverius, Prastawa, dan Hurst. Xaverius bahkan menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan ini. Ia mengantarkan timnya menang 82-79.

Selanjutnya, Pelita Jaya akan bermain lagi besok melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta. Sementara itu, Hangtuah baru akan bermain lusa melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar