IBL

Minnesota Timberwolves mesti menjamu Phoenix Suns dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, mereka menang 116-114 di Target Center, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Minggu 20 Januari 2019 waktu setempat. Derrick Rose, garda utama Timberwolves, menjadi pahlawan di pertandingan ini.

Rose mencetak 31 poin, termasuk tembakan-langkah-mundur (stepback jumper) di detik-detik akhir yang memenangkan pertandingan. Ia berhasil mengelabui Mikal Bridges, forwarda Suns, yang berusaha menjaganya di sayap kanan.

Selain Rose, Karl-Anthony Towns juga gemilang dengan dobel-dobel 30 poin dan 12 rebound. Taj Gibson lalu menambahkan 17 poin. Andrew Wiggins memberi 10 poin.

Sementara itu, Suns mengandalkan perolehan kolektif dengan T.J. Warren sebagai pencetak angka terbanyaknya. Ia mencetak 21 poin di pertandingan ini ketika Devin Booker dan Kelly Oubre Jr. masing-masing menyumbang 18 poin. Josh Jackson, pemain cadangan, lalu memberi 15 poin. Dragan Bender dan Jamal Crawford menambahkan 12 dan 11 poin.

Kendati demikian, perolehan Suns selama pertandingan tidak juga cukup untuk mengalahkan Timberwolves. Rose benar-benar mengancam pertahanan di detik-detik akhir dengan tembakan krusialnya. Padahal Suns sudah unggul sejak kuarter satu.

Suns membuka pertandingan dengan skor 31-29. Mereka lalu menambahkan 36 poin lagi sementara Timberwolves mengekor dengan memetik 35 poin. Skor total 66-64 untuk keunggulan Suns.

Di kuarter tiga, Suns lagi-lagi unggul meski dengan skor tipis 29-27. Namun, jika diakumulasikan, tim asal Phoenix itu memimpin dengan selisih empat poin (95-91). Timberwolves masih punya kesempatan untuk menjungkirkan Suns dengan sisa 12 menit di kuarter empat. Kebetulan itu pula yang terjadi.

Timberwolves berhasil mencetak 23 poin di kuarter empat untuk mengimbangi Suns 114-114. Mereka lantas mengambil jeda (timeout) untuk mengatur strategi serangan terakhir karena waktu juga semakin menipis. Bola kemudian dipegang Rose yang berhadapan dengan Bridges di sayap kanan. Sejurus kemudian, garda utama Timberwolves itu mengambil langkah mundur dan menembak di sisa 00,9 detik. Tembakan krusial itu membuat Rose dkk. menang tipis 116-114.

Dengan kemenangan itu, Timberwolves sudah merengkuh 22 kemenangan dari 46 pertandingan. Mereka akan memburu kemenangan lain ketika bertemu Suns lagi lusa. Nantinya, mereka akan bertemu di kandang Suns di Phoenix, Arizona. (GNP)

Foto: NBA 

Komentar