IBL

Setelah memutuskan untuk tidak meneruskan kerja sama dengan Minnesota Timberwolves, garda veteran Jamal Crawford akhirnya mendapat tim baru. Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, Crawford, 38 tahun, setuju untuk bergabung dengan Phoenix Suns. Ia pun segera menuju Phoenix, Arizona, Amerika Serikat untuk memperkuat tim itu di NBA musim 2018-2019.

Sebelum bergabung dengan Suns, Crawford sudah membela tujuh tim berbeda di NBA. Musim lalu, ia membela Timberwolves selama satu musim. Ia bermain di 80 pertandingan reguler sebagai pemain pengganti (Crawford tidak bermain sebagai starter sekalipun) dengan mencetak rata-rata 10,3 poin, 2,3 asis, dan 1,2 rebound per pertandingan.

Dengan catatan itu, Suns berharap Sang Pemain dapat memberikan kontribusi serupa untuk membantu mereka meningkatkan performa. Charania bahkan melaporkan, kehadiran Crawford disebut-sebut sangat dibutuhkan klub untuk membentuk kepemimpinan dan mendongkrak produktivitas lapangan belakang (backcourt) mereka.

Jika melihat rekam jejaknya bersama klub yang pernah dibela, Crawford memang termasuk pemain yang sarat kontribusi meski hanya tampil dari bangku cadangan. Karena itulah ia kemudian terkenal sebagai pemain bergelar Sixth Man of the Year terbanyak di NBA. Ia meraihnya sebanyak tiga kali pada 2010, 2014, dan 2016.

Pada 2018 ini, ia juga mendapat penghargaan Twyman-Stokes Teammate of the Year karena dianggap sebagai rekan setim ideal yang mengutamakan permainan altruistis daripada egoistis. Belum lagi ia juga memiliki komitmen tinggi kepada setiap klub yang dibelanya. Sayangnya, ia tidak tertarik untuk melanjutkan kerja samanya dengan Timberwolves di musim panas lalu dan memutuskan untuk mencari tim baru.

Selama masa bebas (free agent), anehnya tidak ada yang mau mengontrak Crawford sebelum Suns pada akhirnya merekrut Sang Pemain. Para pandit bahkan sempat menanyakan hal itu, termasuk dua bekas rekan setimnya di Los Angeles Clippers: DeAndre Jordan (Dallas Mavericks) dan Blake Griffin (Detroit Pistons).

“Saya penasaran siapa yang cukup beruntung dan dapat mengontrak peraih tiga kali Sixth Man of the Year Jamal Crawford. Aneh, dia belum dikontrak siapa pun!” kata Jordan seperti ditulisnya di akun Twitter.

Cuitan itu pun dibalas Griffin: “Katakan sekeras mungkin kepada orang-orang di belakang!”

Kini, rasa penasaran itu pun akhirnya terjawab. Suns menjadi tim yang cukup beruntung untuk mengontrak garda sekelas Crawford. Ia akan bergabung dengan para pemain muda seperti Devin Booker, Josh Jackson, termasuk ruki (rookie) DeAndre Ayton yang membutuhkan seorang veteran untuk membimbing mereka. Selain itu, ia juga akan bertemu dengan pemain veteran seperti senter Tyson Chandler dan Trevor Ariza yang baru pindah ke Phoenix dari Houston Rockets.    

Foto: NBA.com

Komentar