IBL

Austin Rivers sudah melanglang buana ke dua tim berbeda sejak didepak dari Los Angeles Clippers pada awal 2018-2019 lalu. Ia tidak juga menemukan tim yang mau menampungnya lebih lama dari sekadar bermain di 29 pertandingan NBA. Phoenix Suns, tim yang merekrutnya lewat pertukaran dengan Washington Wizards, bahkan melepasnya dengan membayar sisa kontrak supaya Rivers bisa bebas.

Di masa bebasnya, Rivers akhirnya menemukan tim yang mau merekrutnya. Houston Rockets, tim pesakitan yang hanya mencetak 17 kemenangan dari 32 pertandingan musim ini, menawarinya untuk bergabung. Rivers pun resmi merapat ke Rockets untuk sisa musim ini setelah tim itu mengumumkannya pada Senin, 24 Desember 2018 waktu setempat.

“Saya bersyukur atas kesempatan ini,” kata Rivers, seperti dikutip ABC13. “Tugas saya berakhir cepat di D.C., jadi saya memperlakukan kesempatan ini sebagai awal baru bagi saya.”

Dengan bergabungnya Rivers, itu artinya ia akan kembali bermain bersama Chris Paul. Kedua pemain itu sebelumnya pernah sama-sama membela Clippers. Namun, mereka berpisah musim lalu karena Paul memutuskan pindah ke Houston. Rivers bahkan sempat bersitegang dengan Rockets ketika mereka bertemu di 2017-2018. Untungnya, mereka sudah menganggap itu angina lalu.

“Nah, karena kami pernah bermain bersama di L.A., saya dan CP (Chris Paul) tahu celahnya,” kata Rivers lagi. “Ini tim yang selalu saya kagumi dan dambakan.”  

Sejauh ini, Rockets tengah terjebak dalam kesulitan. Ketika musim lalu mereka berhasil finis di peringkat satu, kali ini pasukan Kepala Pelatih Mike D’Antoni itu malah terdampar di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat. Belum lagi Paul juga mengalami cedera yang membuatnya harus absen dalam beberapa minggu. Kehadiran Rivers akan membantu mereka untuk menambal kekosongan Paul di posisi garda utama.

Kemudian, ketika nanti Paul kembali, Rivers tetap bisa menjadi pelapis yang berguna untuknya. Anak dari Kepala Pelatih Clippers, Doc Rivers, itu telah menunjukkannya ketika bermain di Los Angeles. Ia mencetak rata-rata 11,1 poin, 2,1 rebound, dan 2,5 asis per pertandingan selama tiga musim.

Di 2018-2019, Rivers juga memberikan kontribusinya kepada Wizards meski hanya tampil di 29 pertandingan. Saat itu, ia mencetak rata-rata 7,2 poin, 2,4 rebound, dan 2 asis per pertandingan. Catatan itu tampaknya masih akan bertambah karena Rivers segera bermain bersama Rockets di sisa musim. Ia akan membuktikannya sendiri. (GNP)

Foto: NBA dan Getty Images

Komentar