IBL

Utah Jazz berhasil mengatasi gempuran Golden State Warriors di NBA 2018-2019. Mereka menang 108-103 setelah bermain ketat di Vivin Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Rabu 19 Desember 2018 waktu setempat. Rudy Gobert, senter mereka, menjadi pahlawan kemenangan dengan dobel-dobel dan pertahanan penting yang berkali-kali memblokade serangan lawan.

Gobert mencetak 17 poin, 15 rebound, dan 4 blok di pertandingan ini. Ia bertahan dengan baik di kuarter empat sehingga Jazz bisa tetap unggul. Joe Ingles, forwarda, lalu menambahkan 20 poin dengan akurasi 53,8 persen. Pemain starter lainnya seperti Donovan Mitchell dan Derrick Favors mencetak 16 dan 12 poin.

Di kubu Warriors, Stephen Curry menjadi pencetak angka terbanyak dengan 32 poin. Kevin Durant 30 poin. Klay Thompson 12 poin. Perolehan mereka tidak cukup untuk memenangkan pertandingan. Apalagi Durant dan Thompson sempat tampil buruk dalam menembak. Thompson bahkan hanya memasukan 3 dari 12 tembakannya sampai akhir.

Sementara itu, di barisan cadangan, Jae Crowder berkontribusi dengan 18 poin. Ia memasukkan 5 dari 9 tripoinnya untuk membantu Jazz memenangkan pertandingan. Kyle Korver juga gemilang dengan 12 poin dari 4 tripoin. Mereka membuat Jazz berhasil mengambil momentum untuk tetap unggul sampai di kuarter tiga. Sehingga pemain lainnya lebih leluasa menjaga asa di kuarter akhir.

Di kuarter satu, Warriors bahkan gagal memimpin lebih dulu karena Jazz unggul 24-21. Kepala Pelatih Steve Kerr saat itu menyimpan Curry di empat menit terakhir. Ia baru dimainkan lagi di kuarter berikutnya berdampingan dengan beberapa pemain lapis kedua Warriors. Upaya itu tampaknya berhasil karena Warriors memangkas ketertinggalan menjadi hanya satu poin (55-56). Curry mencetak 18 poin dengan memasukkan 7 dari 9 tembakan plus 4 tripoin yang tidak meleset satu pun.

Pertandingan berlanjut ke kuarter tiga. Kecuali Curry, pemain lain tampil buruk dalam menembak. Durant (26 persen) dan Thompson (22,2 persen) tidak begitu “wangi” sampai di kuarter itu. Sementara, di sisi lain, Jazz juga sama tumpulnya. Donovan Mitchell hanya memasukkan 25 persen tembakannya ketika Ricky Rubio sama sekali tidak bisa melesakkan satu pun tembakan. Mereka benar-benar tampil inefisien.

Skor kembali ketat 84-80 untuk keunggulan Jazz.

Di kuarter empat, Jazz terus menjaga asanya untuk memenangkan pertandingan. Mereka mempertahankan keunggulan meski Warriors terus menerus menekan. Durant mengasah ketajamannya. Namun, Jazz ternyata bisa mengatasi itu berkat pertahanan Rudy Gobert.

Jazz memenangkan pertandingan 108-103.

Dengan kemenangan itu, Jazz merengkuh rekor 15-17. Mereka akan bertanding lagi lusa menghadapi Portland Trail Blazers. Di sisi lain, Warriors (21-11) akan menghadapi Dallas Mavericks tiga hari lagi. (GNP)

Foto: NBA

Komentar