IBL

Philadelphia 76ers sedang di atas angin setelah merengkuh dua kemenangan beruntun belakangan ini. Mereka juga berada di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor 19-9. Namun, sial, Sixers harus kehilangan Jimmy Butler di pertandingan terakhirnya melawan Detroit Pistons di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Senin 10 Desember 2018 waktu setempat.

Butler, forwarda, terpaksa menepi dari pertandingan di pengujung kuarter satu karena mengalami cedera kunci paha. Setelah itu, ia mendapat perawatan dari tim medis dan tidak kembali sampai pertandingan selesai. Ia hanya tampil selama 9,40 menit dengan 4 rebound dan 2 asis. Namun begitu, Sixers ternyata masih bisa menang 116-102.

Hingga berita ini ditulis, belum ada kabar kelanjutan status Butler. Jika ternyata nanti cederanya memaksa Butler menepi lebih lama, maka Sixers perlu merancang ulang strateginya. Apalagi, belakangan ini, Kepala Pelatih Brett Brown mengandalkan Butler untuk mencetak poin. Ia bahkan menarik Joel Embiid yang biasa terlibat banyak dalam sistem menyerang untuk mengubah peran menjadi pembuka ruang.

Embiid sebenarnya mengeluhkan peran barunya itu. Namun, Butler sendiri berusaha memakluminya. Sang Forwarda itu mengerti Embiid tengah frustasi karena peran barunya tidak cocok dengan karakternya. Ia pun ingin membantu tim untuk memecahkan masalah itu. 

Sejauh ini, Butler cukup berkontribusi kepada Sixers. Ia mencetak masing-masing 38 poin di dua pertandingan sebelum ini. Secara keseluruhan, ia juga mencetak rata-rata 21,4 poin, 5,3 rebound, 3 asis, dan 2 steal dalam 12 pertandingan.

Di sisi lain, Embiid mencetak rata-rata 26,3 poin per pertandingan. Ia menjadi pencetak angka Sixers paling produktif di 2018-2019 ini. Sementara itu, Butler berada satu peringkat di bawahnya sebagai mesin poin Sixers yang sama produktif. Oleh karena itu, jika nantinya Butler tidak bisa bermain, kemungkinan Embiid akan mendapat perannya lagi sebagai pencetak angka utama Sixers. Hari ini, ketika mereka mengalahkan Pistons, Embiid mencetak  24 poin 8 rebound. (GNP)

Foto: NBA

Komentar