IBL

Kyrie Irving disibukkan dengan masa promo sepatu barunya, Nike Kyrie 5. Ia menjalani serangkaian program pemasaran langsung (hard-selling) dan tidak langsung (soft-selling). Hal ini yang ia coba lakukan saat diundang menjadi tamu dalam acara Sneaker Shopping yang ditayangkan kanal video milik Complex. Bersamaan dengan itu, ia menceritakan bagaimana ia memimpikan menjadi seorang atlet skateboard kelas wahid meski kandas.

Di ranah olahraga ekstrim itu, Irving mendaku mengidolai atlet skateboard Eric Koston dan Paul Rodriguez. Cita-cita itupun ia jalani secara serius bersamaan dengan basket. “Sebelum bermain secara profesional, kaki saya pernah cedera karena bermain Skateboard. Ayah pun murka. Itulah momen terakhir saya benar-benar serius memainkan papan luncur meski saya begitu menyukai benda itu,” kelakarnya sembari tertawa.

Edisi kali ini mengambil tempat butik sneaker Concepts yang terletak di Boston, Amerika Serikat. Pemilihan gerai sepatu ini karena mereka didapuk menjadi kolaborator utnuk mendesain Kyrie 5 dengan tampilan berbeda. Butik yang sudah berekpansi ke Dubai dan Shanghai itu merilis edisi khusus bernama “Ikhet”. Sepatu ini adalah Kyrie 5 dengan warna yang terinspirasi dari warna piramida dengan Dewa Matahari mitologi Mesir bernama Ra jadi basis detail di bagian tumit.

Laman gaya hidup Amerika Serikat itu juga memunculkan fakta bahwa sepatu Irving di bawah Nike disebut sebagai salah satu sepatu basket dengan harga terjangkau –AS$ 110-130 untuk edisi rilis umum. “Kehidupan saya benar-benar penuh perjuangan semasa kecil. Dan, saya percaya ada mereka yang juga tengah berjuang di hidupnya. Harga itu jadi bentuk dukungan saya bagi mereka yang terus berusaha dan berdoa,” ujarnya.

Nike SB Dunk Low "Roswell Rayguns" (2005)

Nike Kyrie 3 PE "Rayguns" (2017) 

Hobinya bermain skateboard pun menjadi alasan sebagian edisi Nike Kyrie berwarna sepatu-sepatu legendaris besutan Nike SB. Edisi tersebut di antaranya adalah Nike Kyrie 3 “Raygun” PE, Nike Kyrie 4 “Day of the Dead”, dan Nike Kyrie 4 “Yellow Lobster” PE.  Ketiganya diwarnai dan dinamai serupa dengan rilisan lawas Nike SB di awal kemunculan lini khusus skateboard milik Si Contreng itu.

Relasinya dengan olahraga skateboard semakin lekat menginjak akhir tahun 2018. Irving beberapa kali menggunakan sepatu Nike SB di kesempatannya tampil di muka publik. Edisi yang baru-baru ini jadi pembicaraan adalah Nike SB Dunk Low “Purple Lobster” hasil kolaborasi dengan Concepts. Penggawa Boston Celtics itu bahkan mendapatkan edisi sampel yang ditunjukkan di menit akhir video.

Baca juga: Tampilkan "Mata Satu" di Kyrie 5, Benarkah Kyrie Irving Penganut Illuminati?

Lewat video berdurasi delapan menit itu, pemeran Uncle Drew itu berterimakasih atas segala dukungan yang diberikan kepadanya saat menjalani kontrak kerja sama dengan Nike. Pihak sponsor pun menjadikan sepatu khusus mantan compatriot LeBron James itu sebagai kanvas korelasi lini skateboard / SB dengan divisi olahraga basket.

Apakah ini sebuah kebetulan? Tentu saja tidak. Nike tampaknya sedang merencanakan untuk menaikkan lagi lini SB yang menurun beberapa tahun belakangan. Salah satu strateginya adalah dengan menggandeng duta mereka meski berasal dari konsentrasi bidang lain selain olahraga papan luncur.

Concepts x Nike Kyrie 5 "Ikhet", Rilis 24 Desember 2018.

Foto: Nike, Complex

Komentar