IBL

Tanago Friesian Jakarta sukses menumbangkan Merpati Bali dengan skor 61-56, dalam lanjutan Piala Srikandi, Seri 1 Bali, Selasa, 27 November 2018. Ini jadi kemenangan pertama Tanago atas Merpati sejak musim kompetisi 2017-2018.

Felicia Clarissa mencetak 14 poin untuk Tanago. Christine Aldora Tjundawan menambahkan 13 poin. Sedangkan Tiara Aulia Denaya mencetak 9 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Di kubu Merpati, Ni Putu Eka Liana Febiananda membukukan 11 poin, disusul Agustin Elya Gradita dan Kadek Pratita Citta Dewi yang masing-masing menyumbang 10 poin.

"Saya lihat Merpati banyak penetrasi ke paint area, jadi saya sudah siapkan pertahanan di area tersebut. Mereka juga memainkan big man dan banyak low-post. Ditambah lagi, shooting mereka tidak bagus hari ini. Jadi Merpati banyak memanfaatkan big man. Strategi pertahanan saya berjalan lancar," kata Abrizalt Hasiholan, kepala pelatih Tanago.

Tanago unggul 14-12 di kuarter pertama. Kuarter kedua, Merpati bangkit dan menambahkan 15 poin. Namun Tanago membalas dengan mencetak 12 poin. Skor sama kuat, 27-27, tercipta saat turun minum.

Di kuarter ketiga, Tanago mencetak keunggulan 6 poin (40-38), lewat dua tembakan bebas Felicia Clarissa. Namun di akhir kuarter ketiga, Agustin Elya Gradita memangkas defisit poin menjadi 45-47 dengan dua tembakan bebas.

Merpati mampu menyusul hingga tersisa dua poin (54-57) di dua menit terakhir kuarter keempat. Sayangnya pemain Merpati gagal menyamakan kedudukan. Dua kali Helena gagal memasukkan tembakan tripoin. Sebaliknya, justru Tanago menambah dua poin melalui Felicia Clarissa. Tanago menjauh 59-54 di sisa 43 detik. Tanago mampu mempertahankan keunggulan hingga usai.

"Tim saya layak kalah hari ini. Sebab tiga dari lima pemain utama saya sedang tidak bagus akurasinya. Ketika para pemain tidak bagus akurasinya, mereka mencoba untuk memberi asis. Tetapi karena terburu-buru, jadi kacau juga. Saya rasa kami hari ini bermasalah dengan offense," jelas kepala pelatih Merpati, Bambang Asdianto Pribadi.

Tanago akan berhadapan dengan Scorpio Jakarta, Rabu, 28 November 2018. Sementara itu, Merpati akan bertanding hari Jumat, 30 November 2018, juga melawan Scorpio Jakarta. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar