IBL

Drama Cleveland Cavaliers sejak LeBron James meninggalkan mereka pada musim panas lalu ternyata belum berakhir. Setelah memecat Kepala Pelatih Tyronn Lue dan isu panas ruang ganti karena rekor buruk mereka di awal musim, kini pemain senior Cavaliers, J.R. Smith, dikabarkan ingin hengkang. Menurut laporan Joe Vardon, The Athletic, Smith bahkan sudah meminta Cavaliers menukarnya ke klub lain.

Dalam laporannya itu, Vardon juga menjelaskan, Smith dan Cavaliers tengah mencari jalan keluarnya. Klub asal Cleveland itu tidak akan membeli sisa kontrak sehingga mau-tidak-mau mereka harus menukar Smith. Namun, belum ada kepastian klub mana yang akan melakukan pertukaran dengan mereka.

Sementara itu, Sang Pemain segera memisahkan diri dari klubnya untuk berlatih sendiri. Ia melakukan itu karena sudah tidak cocok lagi dengan Cavaliers. Ia mengakuinya ketika melakukan wawancara bersama Jason Lloyd, The Athletic.

“Saya pikir tujuannya bukan untuk menang,” kata Smith soal Cavaliers di NBA 2018-2019 ini kepada Lloyd. “Tujuannya bukan lagi bermain di luar sana dan mencoba memenangkan sebanyak mungkin pertandingan. Saya pikir tujuannya adalah membangun ulang tim dan kalah agar mendapat kesempatan memilih. Saya pikir itu rencananya.”

Cavaliers di awal musim ini memang tampil buruk. Selama empat tahun ke belakang, mereka selalu berhasil melaju ke final NBA. Namun, kehilangan James seperti kehilangan segalanya. Cavaliers yang sekarang bukan lagi Cavaliers dalam empat tahun ke belakang. Mereka bahkan hanya bisa merengkuh 2 kemenangan dari 15 pertandingan.

Smith sendiri sudah membela Cavaliers sejak pertengahan 2014. Ia sempat merengkuh gelar bersama James pada 2016, ketika Cavaliers mengalahkan Golden State Warriors 4-3 di final. Selama itu pula, ia bermain di 225 pertandingan musim reguler dan mencetak rata-rata 10,3 poin, 2,9 rebound, 1,8 asis, dan 1 steal.

Dengan hengkangnya Smith, maka Cavaliers nantinya hanya akan menyisakan tiga pemain bergelar juara 2016, di antaranya: Kevin Love, Tristan Thompson, dan Channing Frye. Itu pun kalau mereka tidak meminta ditukar seperti Smith. (GNP)

Foto: NBA

Komentar