IBL

Los Angeles Clippers menghadapi tim juara bertahan Golden State Warriors dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Clippers pun merebut satu kemenangan dengan skor 121-116 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin 12 November 2018 waktu setempat. Sixth Man of the Year 2017-2018, Lou Williams, menjadi momok mengerikan bagi Warriors meski—seperti biasa—tampil dari bangku cadangan.

Williams bermain selama 31,44 menit dengan mencetak 25 poin dan 6 asis. Ia memasukkan 14 tembakan gratisnya dengan sempurna—tidak meleset satu pun.

Montrezl Harrell, pemain cadangan lainnya, juga gemilang di pertandingan ini. Ia mencetak 23 poin, 8 rebound, 1 asis, 1 steal, dan 4 blok. Sementara itu, empat starter menyumbang dobel digit poin: Shail Gilgeous-Alexander (18), Tobias Harris (17), Danilo Gallinari (14), dan Marcin Gortat (12).

Clipper memenangkan pertandingan karena berhasil membuat beberapa pilar Warriors kesulitan. Kevin Durant (33 poin, 11 rebound, dan 10 asis), forwarda berkaliber All-Star milik Warriors, misalnya, melakukan enam kali pelanggaran yang membuat ruang geraknya terbatas. Clippers juga berhasil menahan Klay Thompson (31 poin) setidaknya sampai separuh pertandingan. Thompson sempat kesulitan menembak di dua kuarter awal sehingga Clippers unggul tipis di kuarter satu dengan skor 34-30.

Clippers tampil dengan skuat lengkap sementara Warriors tanpa Stephen Curry. Garda utama andalan Warriors itu mengalami cedera kunci paha sehingga tidak memperkuat timnya hari ini. Kepala Pelatih Steve Kerr sangat berhati-hati terhadap Curry dengan mengistirahatkannya secukupnya, terutama karena Sang Pemain baru pertama kali mengalami cedera seperti itu.

Clippers pun memanfaatkan absennya Curry untuk memimpin lebih dulu. Gallinari dan Gortat mencetak 9 dan 8 poin di kuarter itu sementara Warriors mengandalkan Durant yang tampil efisien dengan 10 poin dari 4/6 tembakan plus 3 asis dan 2 rebound.

Durant memang bermain baik, tetapi ia melanggar terlalu banyak meski pertandingan baru berjalan separuh waktu. Ia melakukan sedikitnya tiga pelanggaran di sisa waktu 4,13 menit kuarter dua. Ruang geraknya sejak saat itu menjadi lebih terbatas sementara Klay Thompson, di sisi lain, tidak bisa diandalkan ketika menyerang. Thompson hanya memasukkan 3 dari 11 tembakannya di paruh pertama, tetapi menunjukkan cara bertahan dengan semangat yang meluap. Ia ketat menjaga lawannya sehingga Warriors unggul perolehan poin 31-30. Namun begitu, upaya itu tidak serta merta membuat mereka berbalik memimpin karena Clippers tetap di atas dengan skor 64-61. Akurasi tembakan mereka tinggi di angka 60,5 persen.

Warriors semakin kesulitan ketika Durant melakukan pelanggaran kelimanya di sisa 1,26 menit kuarter tiga. Kerr pun terpaksa menariknya ke bangku cadangan. Serangan Warriors menjadi stagnan tanpa Durant. Clippers menutup kuarter tiga dengan unggul 90-81.

Di kuarter empat, Kerr memaksa Durant bermain meski ada risiko dikeluarkan dari pertandingan. Namun, tanpa Durant, Warriors sulit mengimbangi permainan lawan, terutama karena Curry juga absen di pertandingan ini.

Pertaruhan itu pun berbuah nyata ketika Warriors mengimbangi skor 106-106. Durant berperan besar di kuarter itu, tetapi keberadaan Thompson juga mustahil disingkirkan.

Thompson sempat kesulitan menembak di paruh pertama, tetapi akhirnya bisa memasukkan tiga tembakan penting dari jarak jauh. Ia mengambil bagian ketika Warriors mengimbangi Clippers di kuarter empat sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan (overtime).

Di babak tambahan, Durant akhirnya melakukan pelanggaran terakhirnya. Alfonzo McKinnie masuk menggantikannya sementara Warriors tengah unggul 109-106. Namun, pertandingan masih menyisakan 3,46 menit lagi. Kedua tim belum menentukan siapa pemenangnya sampai peluit tanda berakhir berbunyi.

Dengan kesempatan itu—benar saja—Clippers pun kembali unggul 115-113 di sisa 1,20 menit. Lou Williams bermain cerdik dengan memanfaatkan pelanggaran Shaun Livingston untuk membawa Clippers unggul lebih jauh. Sejak itu, klub asal Los Angeles pun tancap gas dan menang 121-116. Mereka merengkuh kemenangan ke-8 dari 13 pertandingan musim ini.

Selanjutnya, Clippers akan menjamu San Antonio Spurs di kandang pada akhir pekan. Warriors, di sisi lain, akan pulang ke rumah untuk menyambut Atlanta Hawks besok.

Foto: NBA

Komentar