IBL

Denver Nuggets melakoni laga ke-11 mereka dengan berkunjung ke markas Memphis Grizzlies, FedEx Forum, Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu malam, 7 November 2018, waktu setempat. Nuggets datang dengan rekor luar biasa usai hanya kalah sekali di 10 laga dan sedang dalam tren lima kemenangan beruntun. Meski jauh lebih membaik dari musim lalu dengan enam kemenangan dari 10 laga, Grizzlies datang ke laga ini dengan tren dua kekalahan beruntun.

Kuarter pertama berjalan seolah Nuggets akan memperpanjang rekor kemenangan mereka dengan keunggulan 29-22. Namun, Grizzlies yang belum pernah kalah di kandang musim ini bangkit di kuarter dua. Tim asuhan J.B. Bickerstaff mencetak 28 poin di kuarter ini dan hanya mampu dibalas 18 poin oleh Nuggets, Grizzlies menutup paruh pertama dengan berbalik unggul 50-47.

Kuarter tiga Nuggets kembali mengambil inisiatif serangan. Mulai kembalinya aliran serangan bola Nuggets yang terhenti di kuarter dua membuat anak-anak asuh Michael Malone ini berhasil menutup kuarter tiga dengan menyamakan kedudukan 70-70.

Di kuarter empat, bintang Nuggets, Nikola Jokic, sudah mengantongi lima pelanggaran dan membuatnya tidak leluasa melakukan gerakan. Mengetahui hal tersebut, Grizzlies melakukan banyak serangan ke dalam area kunci melalui Jaren Jackson Jr. dan Marc Gasol. Hasilnya, Grizzlies berhasil unggul 87-85 di sisa satu menit laga.

Pun begitu, Nuggets yang tak ingin rekor mereka patah berhasil menyamakan kedudukan di sisa 18 detik laga melalui tembakan jarak menengah Jamal Murray. Sayangnya, Murray yang menjadi bintang kemenangan Nuggets di laga sebelumnya justru melakukan pelanggaran di sisa empat detik pertandingan. Pelanggaran tersebut berbuah dua tembakan gratis untuk Gasol dan seluruhnya menemui sasaran. Serangan terakhir Nuggets melalui tripoin Jokic dan offensive rebound Murray gagal, Grizzlies menang 89-87.

Jackson dan Gasol menjadi top skor bersama untuk Grizzlies di laga ini. Jackson yang masih berstatus ruki mencetak 20 poin, 8 rebound, 3 steal, dan 3 blok. Ini menjadi kali kedua bagi Jackson mencetak 20 poin atau lebih dalam satu pertandingan. Gasol menjadi satu-satunya  pemain yang mencetak dobel-dobel di laga ini dengan 20 poin, 12 rebound, dan 4 asis plus dua tembakan gratis penentu kemenangan tim tersebut. Kyle Anderson melengkapi daftar pencetak dua digit poin Grizzlies dengan 14 poin dan 5 rebound.

Di kubu Nuggets, empat pemain mencetak 10 poin atau lebih. Gary Harris menjadi yang terbanyak di laga ini usai mengemas 20 poin dan 2 rebound sementara Murray menambahkan 15 poin, 4 rebound, dan 6 asis. Dua nama lainnya datang dari bangku cadangan, Trey Lyles mengemas 16 poin plus 9 rebound sementara Mason Plumlee 10 poin dan 6 rebound.

Jokic bisa dibilang mati kutu pada laga ini. Selain terkena foul trouble, Jokic juga tercatat hanya mencetak 4 poin, 7 rebound, dan 4 asis dengan hanya melepas satu kali tembakan sepanjang laga. Angka-angka Jokic terus menurun sejak ia mendapatkan gelar Player of The Month Wilayah Barat. Selama bulan November, ia sudah tampil lima laga dan hanya sekali mencetak poin di atas 10.

Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua Nuggets musim ini tapi tak merubah posisi mereka di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Barat. Hanya Golden State Warriors yang memiliki rekor lebih baik dari mereka. Sementara bagi Grizzlies, kemenangan ini tak hanya menjaga kesucian kandang mereka. Kemenangan ini juga membuat mereka naik ke peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat.

Selanjutnya, Nuggets akan kembali ke kandang mereka dan menjamu tamu dari Wilayah Timur, Brooklyn Nets, lusa, waktu setempat. Setali tiga uang, Grizzlies juga akan menjamu tamu dari Wilayah Timur di laga selanjutnya . Tamu tersebut adalah Philadelphia 76ers dan laga akan digelar Sabtu malam, 10 November 2018, waktu setempat.

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar