IBL

Ada yang berbeda dari Abraham Damar Grahita saat bertanding menghadapi Bima Perkasa Yogyakarta, kemarin (14/10). Ia menggunakan sepatu DBL Ardilles "Pride" bergambar Spiderman dan Venom. Sepatu itu bukan edisi terbaru produk lokal tersebut, Abraham mengenakan sepatu hasil karya seorang seniman lukis sepatu asal Jakarta.

Ialah Matheus Denny Wiguna, seniman yang jadi dalang di balik gambar tersebut. Ia mengunggah portofolio kustomisasi sepatu di akun instagram @findyourheat. “findyourheat didirikan pada Juni 2018, masih tergolong baru,” kata Denny.

Dengan ketertarikan lebih pada Air Jordan, ia mengaplikasikan daya imajinasinya dalam mendesain ulang warna pada sepatu Michael Jordan itu sebagai portofolio. Edisi Air Jordan 1, 3, 4, 5, 11, dan lainnya jadi kanvas kreativitasnya. “Awalnya hanya mengkonsep modifikasi saja (secara digital), lalu banyak permintaan untuk merealisasikannya. Akhirnya saya melakukan jasa ini,” lanjutnya.

Bagi Abraham, lukisan pada sepatunya jadi cara untuk memberitahu khalayak ramai tentang film baru favoritnya. “Saya menyukai karakter Venom, itulah alasan saya memilih karakter tersebut. Filmnya kan juga lagi ramai diperbincangkan. Agar tidak monoton, saya memilih Spiderman di sepatu satunya,” ujar Abraham. Alhasil, sepasang DBL Ardilles "Pride" mencantumkan dua warna berbeda. Sepatu kanan berwarna merah mewakili karakter Spiderman sedangkan sepatu kiri berwarna hitam melambangkan Venom.

Pada bagian depan, Denny menambahkan gambar mata dari masing-masing karakter. Penempatan itu bermakna agar lawan Abraham berhati-hati saat satu lawan satu dengannya. “Mata di bagian tersebut melambangkan bahwa Abraham akan mengawasi setiap gerak-gerik lawan,” paparnya. Selain itu, ornamen tersebut juga menggambarkan kewaspadaan. Denny menyelesaikan seluruh detail lukisannya dalam waktu satu minggu.

Abraham mendaku bahwa findyourheat adalah salah satu proyek sampingan yang ia jalani bersama Denny. “Sebenarnya kami telah merencanakan segalanya sejak lama. Namun, baru Oktober (2018) ini kami bisa menjalankannya,” cerita Abraham. Selain DBL Ardilles "Pride", lanjutnya, findyourheat sudah menyiapkan beberapa contoh produk untuk dipamerkan. Walau begitu, keduanya masih belum menemukan strategi tepat untuk mempublikasikannya ke khalayak ramai. “Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakannya saat bertanding,” pungkas pemain kelahiran Bangka Belitung itu.

Selain untuk Abraham Damar Grahita, findyourheat juga memiliki proyek pengerjaan lain. Yang terbaru, ia sedang mengerjakan proyek kustomisasi sepatu untuk pemain basket yang baru saja melangsungkan pertunangan. “Tapi nama pemain itu masih kami rahasiakan,” ucapnya.

Abraham berharap proyek sampingan ini bisa menginspirasi penggiat sneaker basket di Indonesia. “Semoga proyek ini bisa berkembang, kalau bisa sampai ke luar negeri,’ tutupnya

Foto: Hari Purwanto

Komentar