IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kali ini membahas lima lagu favorit Abraham Damar Grahita, garda Stapac Jakarta sekaligus pemain tim nasional Indonesia. Ia sempat bingung memilih lagu kelima, tetapi pada akhirnya melabuhkan pilihan pada satu lagu religi favoritnya. Simak daftar lagu favorit Abraham berikut:

Listen-Beyonce

Beyonce menyanyikan Listen dalam film drama musikal Dreamgirl. Dalam film itu pula, Beyonce berperan sebagai Deena Jones, yang menyanyikan lagu ini untuk suaminya sebagai bentuk ultimatum: jika Sang Suami terus berbuah hal bodoh, ia akan meninggalkannya. Karena itulah lagu ini berjudul Listen.  

Rise-Jonas Blue ft. Jack & Jack

DJ asal Inggris Jonas Blue berkolaborasi dengan duo pop-rap Jack & Jack untuk menyanyikan lagu Rise pada 2018. Lagu ini menceritakan tentang remaja yang menolak tumbuh. Setelah rilis, lagu ini kemudian menjadi lagu ketiga terbaik dalam daftar tangga lagu di Britania Raya.       

Something Just Like This-The Chainsmokers & Coldplay

Lagu Something Just Like This merupakan kolaborasi duo elektro musik The Chainsmokers dengan band rock Coldplay. Lagu ini menceritakan tentang sebuah hubungan yang tidak perlu menjadi sempurna. Tidak ada seorang pun yang bisa sempurna dan berkemampuan seperti pahlawan super. Setelah rilis pada 2017, lagu ini juga sempat menjadi lagu tema (theme song) turnamen bola basket tingkat mahasiswa di Amerika Serikat, NCAA.  

Don't Look Back In Anger-Oasis

Lagu Don't Look Back In Anger merupakan karya yang aneh. Noel Gallagher bahkan mengakui, ia berada di bawah pengaruh zat ilegal ketika dia menulis lagu dan sampai hari ini mengklaim tidak tahu apa arti liriknya. Namun begitu, lagu ini justru menjadi representasi semangat Manchester yang terkena teror bom saat menggelar konser Ariana Grande pada 2017. Mancunians—sebutan orang-orang Manchester—menyanyikan itu untuk menghormati para korban. 

As The Deer-The Maranatha! Singer

Abraham sempat bingung memilih lagu favoritnya yang kelima, tetapi kemudian ia mengirim tautan yang merujuk pada sebuah lagu religi. Abraham mengatakan, ia suka dengan lagu As The Deer meski tidak tahu siapa penyanyinya. Menurut penelusuaran Mainbasket, As The Deer adalah lagu religi yang sempat dibawakan The Maranatha! Singer dalam album 20 Year of Hope (1991).

Foto: Hari Purwanto   

Komentar