IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kali ini menanyai peraih gelar IBL Rookie of the Year, Abraham Wenas, dari BSB Hangtuah tentang lima lagu favoritnya. Garda Hangtuah ini, katanya, menyukai Rendy Pandugo. Simak daftar lagu favorit Abraham, sebagai berikut:

I Know The Answer-Randy Pandugo

Rendy Pandugo adalah seorang musisi asal Indonesia yang memulai karirnya lewat single I Don't Care pada 2016. Namun, bukan single itu yang menjadi favorit Abraham Wenas, melainkan I Know The Answer. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang membuat sebuah lagu untuk kekasihnya yang selalu berada di sisinya dalam suka dan duka, tetapi kemudian menghilang.

Bad Company-Rendy Pandugo 

Selain I Know The Answer, Abraham Wenas juga menyukai lagu Rendy Pandugo lainnya berjudul Bad Company. Lagu ini tercipta dari rasa kesepian Rendy. Saat itu, Sang Penyanyi tidak merasa kesepian karena tidak punya teman yang bisa diajak bicara tentang musik dan kreativitas yang ingin ia keluarkan. Ia bahkan sempat khawatir karena belum pernah merasa sesepi itu.  

One Dance-Drake ft. Wizkid, Kyla

One Dance adalah lagu R&B dengan sentuhan dancehall dan afrobeats. Drake berkolaborasi dengan penyanyi Nigeria, Wizkid, sehingga lagu ini bisa menjadi nomor satu di tangga lagu Amerika Serikat dan global. Pada Oktober 2016, One Dance menjadi lagu nomor satu streaming nomor satu di dunia.

Roll It On Home-John Mayer

John Mayer membawakan lagu Roll It On Home nuansa heavy country. Lagu ini menceritakan seseorang yang sudah berada di bar begitu lama sampai lupa kalau hari telah berlalu. John Mayer mengatakan, beberapa orang yang baru putus membutuhkan orang lain untuk dicintai, tetapi mereka tidak akan menemukannya jika pergi ke bar. Ia kemudian menyemangati orang-orang seperti itu untuk pulang. 

Never Fosaken-Hillsong Worship

Hillsong Worship merupakan sebuah band religi dari Australia. Lagu-lagu mereka kebanyakan memang lagu-lagu pujian dan penyembahan, termasuk lagu Never Forsaken yang disukai Abraham Wenas. Lagu ini menceritakan tentang Tuhan yang tidak pernah meninggalkan siapa pun.

Foto: Hari Purwanto

Komentar