IBL

Indonesian Basketball League (IBL) mempersiapkan musim baru dengan sederet rangkaian gelaran. Baru-baru ini, IBL baru saja menggelar Draft Combine pada 3-8 September 2018 yang digunakan untuk memperlihatkan kemampuan para calon ruki (rookie) kepada tim-tim peserta.

Gelaran ini ditanggapi beragam oleh perwakilan tim peserta. Perwakilan dari Pacific Caesar Surabaya mengungkapkan bahwa kemampuan calon ruki yang hadir belum ada yang menonjol. Sementara perwakilan dari Satya Wacana siap mendukung penuh segala upaya liga.

Selain mendapakan pemain baru melalui jalur draft, tim-tim peserta IBL masih punya cara lain. Salah satunya adalah dengan mengambil pemain-pemain berstatus pemain bebas (free agent). Mainbasket mencari daftar pemain yang sudah tidak memiliki kontrak dengan tim lamanya, salah satunya adalah Kristian Liem.

Kontrak Kris dengan Stapac Jakarta resmi berakhir pada 1 September 2018. Hingga kini, Kris belum menyapakati kontrak baru baik dengan Stapac ataupun tim lain.”Benar, saya sekarang berstatus pemain bebas dan belum menandatangai kontrak baru dengan tim manapun.”

Meski tak menjawab dengan gamblang terkait masa depannya, Kris menjawab dengan pasti bahwa ia ingin bermain musim depan. “Ya, kalau memang kaki bersahabat ya saya ingin main. Hingga saat ini, saya masih berpikir untuk terus bermain, selagi potensi masih ada.”

Kris sendiri kini sedang dalam tahap pemulihan pascaoperasi yang harus dilakukan akibat terkena cedera Achilles. Pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut terkena cedera saat bermain untuk Stapac di turnamen dalam rangka ulang tahun Pacific Caesar yang digelar Juli lalu.

”Sementara ini saya berpikir untuk mencari suasana baru,” jawab Kris ketika ditanya mengenai kemungkinan dirinya kembali ke Stapac.

Musim lalu, Kris tercatat bermain sembilan kali untuk Stapac di musim reguler. Ia rata-rata bermain 8,5 menit per laga dan menorehkan 1,5 poin plus 2,7 rebound. Kris kesulitan mendapatkan menit bermain lebih di Stapac seiring kehadiran senter asing, Kore White dan sepupunya Vincent Rivaldi Kosasih.

Pun begitu, dengan tinggi yang mencapai 201 sentimeter ditambah dengan atletisme tubuh yang bagus dan usia yang masih bisa berkembang, Kris tentu bisa menjadi bagian penting untuk tim-tim lain. Kris tak menampik beberapa tim sudah menghubunginya meski ia sedang menjalani pemulihan cedera, “Sejauh ini sudah ada beberapa tim yang menghubungi saya, tapi saya belum mengambil keputusan."

Foto: Instagram, @kristian.liem

 

Komentar