IBL

Penggabungan busana streetwear dan olahraga kian marak. Nike memberikan mandate pada Virgil Abloh untuk merilis busana tenis khusus untuk petenis Serena Williams. Koleksi yang dinamai “QUEEN” tersebut sekaligus sebagai penanda 50 tahun gelaran New York Grand Slam U.S Open. Gelaran ini akan diselenggarakan pada 27 Agustus sampai 9 September 2018.

Koleksi QUEEN menghadirkan dua seragam tenis bernuansa gaun yang diberi nama “Daylight” dan “Nighttime”. Edisi pertama mengambil warna dasar putih beraksen hitam. Sementara edisi “Nighttime” mengambil tema kekuatan dan kecerdikan yang melambangkan gaya bermain Serena. Abloh sepakat untuk menerapkan warna hitam beraksen putih untuk penggambaran pola permainan tersebut.

Meski enerjik di atas lapangan tenis, Serena adalah penikmat dansa serta kerap menikmati pertunjukan balet. Oleh karena itu, Abloh mendesain seragam tanding ini dengan detail rok beraksen tutu yang menyerupai kostum balerina. “Gaun tanding ini menggabungkan unsur feminin dan agresifitas. Paduan warnanya dibuat asimetrikal. Selain itu, detail balerina itu melambangkan kelembutan Serena,” tutur Abloh dalam rilis resmi produk. Ia berharap gaun tanding ini akan memancarkan semangat setiap Serena mengayunkan raketnya.

Pencapaian terbesar pemilik lini busana Off-White adalah ketika merilis edisi spesial bertajuk The Ten. Nike ingin melanjutkan tren itu dengan memasukkan gaya modifikasi dekonstruksi The Ten pada koleksi ini. Nike menyertakan Nike Air Max 97 dan Nike Blazer Mid SW dengan modifikasi sol samping berwarna pink. Abloh juga memodifikasi NikeCourt Flare 2, sepatu tanding Serena Williams yang rencananya akan digunakan saat ketika perhelatan New York Grand Slam 2018.

Untuk modifikasi sepatu, Abloh mengambil inspirasi dari pakaian tenis yang digunakan Serena pada 2013 yang berwarna merah muda. Oleh karena itu, pria keturunan Ghana itu pun memberi warna senada. Hal ini terbilang baru mengingat Abloh menerapkan warna hitam dan putih pada edisi The Ten. Meski demikian, tidak ada perubahan pada detail-detail yang ada.

Meski telah menyebar rilis pers, Nike belum mengumumkan tanggal perilisan serta rentang harga produk ini. Namun Serena William dapat dipastikan akan mengenakannya dalam gelaran New York Grand Slam US Open 2018.

Foto: Nike

Komentar