IBL

Tahun 2018 bisa jadi tahun mengesankan bagi desainer Virgil Abloh. Ia didapuk sebagai direktur kreatif busana pria  Louis Vuitton. Pengangkatan Abloh tersebut membuanya berkesempatan mengembangkan karya bertema mewah nan mahal ala butik asal Paris tersebut. Pada ajang Paris Fashion Week (Men’s) pada 19-24 Juni 2018 lalu, Abloh memamerkan sepatu hasil karyanya di bawah naungan Louis Vuitton.

Pada ajang bergengsi tersebut, Abloh merilis tiga jenis sepatu. Ia mengambil tema athleisure dengan basket dan sepatu lari klasik sebagai inspirasi utama.

Sepatu pertama, dan yang paling menyita perhatian, adalah Louis Vuitton LV 408. Abloh mengunggah foto sepatu tersebut di akun instagram pribadinya. Desain sepatu ini kental dengan aura sepatu basket klasik. Sol LV 408 jadi bagian yang memiliki aura dengan sol Air Jordan 3. Selain itu, terdapat tali Velcro melintang di bagian atas yang serupa dengan Nike Vandal serta Nike Air Force 1 High.

Rapper a$ap Rocky (kiri) menggunakan Louis Vuitton 408.

 

LV 408 tersedia dalam versi tinggi (hi-top) dan rendah (low-top) dengan pewarnaan yang kental dengan unsur sepatu basket 1990-an. Pada edisi tinggi, Abloh membubuhinya dengan warna abu-abu dan putih yang kental dengan unsur Air Jordan 3 Black/Cement. Sementara untuk seri rendah, desainer berdarah Ghana ini menghiasnya dengan warna putih-hijau yang bernuansa Air Jordan 1 “Do the Right Thing” dan putih-merah yang serupa dengan Air Jordan 3 Fire/Red.

Selain sepatu bernuansa basket, Abloh juga membuat sepatu bernuansa lari. Konsep klasik pun ia jadikan basis. Pada edisi ini, ia menghasilkan sepatu lari kasual yang punya inspirasi kental dari Converse Auckland. Warna putih dengan nuansa merah marun, cokelat muda serta hijau tua tetap jadi pilihan.

Pada 12 Juni 2018, melalui fitur Stories pada jejaring Instagram, Louis Vuitton memunculkan video singkat mengenai konsep sepatu pertama Virgil Abloh. Video tersebut menampilkan desainer pemilik merek OFF-White itu tengah asyik menggambar. “Apa yang ada dipikiran saya adalah sepatu basket klasik,” ujar Abloh dalam video tersebut. Selain sepatu, mereka juga menampilkan secara singkat baju dan luaran hasil kinerja Abloh.

Virgil Abloh mulai dikenal setelah kolaborasinya dengan Nike bertajuk Deconstructed mendunia. Ia memodifikasi 10 sepatu untuk ditampilkan ke dalam bentuk yang berbeda. Di antara ke 10 sepatu, modifikasi terhadap Air Jordan 1 “Chicago” jadi yang paling difavoritkan. Proyeknya bersama Nike tersebut masih berlanjut hingga kini walau ia sudah bekerja untuk Louis Vuitton. Lini busana OFF-White pun masih memunculkan edisi-edisi terbatas yang jadi buruan penikmat streetwear dunia.

Foto: Fashionista, Akun Instagram @virgilabloh dan @vlonevogue

Komentar