IBL

Pada akhir Juni 2018, melalui lini eksklusif Vault, Vans merilis koleksi sepatu dekonstruksi yang dinamai “Cut & Paste” LX. Desain sepatu ini sangat dekat dengan konsep modifikasi yang disodorkan Abloh bersama Nike. Hal itu membuat banyak pihak berspekulasi bahwa ia berkolaborasi dengan Vans. Meski demikian, pemilik lini busana OFF-White ini menampik selentingan kabar tersebut.

Konsep modifikasi dekonstruksi memang sedang naik daun di ranah sepatu dewasa ini sejak Abloh merilis Nike “The Ten”. Cara modifikasi semacam ini menghadirkan sisi lain sepatu yang jarang diperlihatkan. Walau Abloh bukan desainer pertama yang menerapkannya, ia telah disebut sebagai sosok yang mempopulerkannya.

Sebelum mendirikan OFF-White pada 2014, rumor ini telah merebak pada 2013. Abloh kala itu memilih diam. Pasca Nike “The Ten”, beredar sampel sepatu Vans dengan format modifikasi senada pada 2017. Walau masih produk sampel serta tidak ada informasi resmi kolaborasi, Abloh juga tidak memberi pernyataan. Sepatu itu tidak disebarluaskan, dibagi pada kalangan keluarga dan kerabat Vans saja.

Riley Jones, pewarta Sole Collector, menyebutkan bahwa kolaborasi Abloh dengan Vans sejatinya telah disetujui. Namun, kerja sama itu dibatalkan karena Abloh kemudian menandatangani kerja sama dengan Nike. Jones juga berspekulasi bahwa desain Vans Vault “Cut & Paste” LX lebih dahulu disetujui namun tidak segera dirilis sehingga Nike merilis 10 sepatu berkonsep sama.

Kepada Sole Collector pula Abloh menyampaikan pernyataannya tentang kolaborasi tersebut. “Rumor itu salah,” tulis media Amerika Serikat tersebut.

Walau bukan hasil kolaborasi dengan desainer yang tengah naik daun itu, Vans Vault “Cut & Paste” LX sudah dirilis. Edisi ini laku terjual dengan durasi cukup cepat. Kini, Anda hanya bisa mendapatkannya di forum jual beli penikmat sneaker.

Foto: Highsnobiety, Vault by Vans

Komentar