IBL

Minggu lalu, tepatnya 26 Juli 2018, Samahang Basketbol ng Pilipinas (SBP) merilis surat pernyataan resmi bahwa mereka tidak akan mengirimkan tim basket putra di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tetapi ternyata, Filipina masih punya kesempatan untuk tampil. Ini karena, Chef De Mission (CDM) Asian Games Filipina, Richard Gomez, belum melakukan penarikan resmi tim basket Filipina ke INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee). Dengan kata lain, Filipina belum resmi mundur.

Diberitakan rappler.com, Richard Gomez menyatakan bahwa belum mengirimkan surat penarikan kepesertaan tim basket putra Filipina. Pihaknya masih memberikan kesempatan hingga Pertemuan Registrasi Delegasi atau Delegation Registration Meeting (DRM), yang akan berlangsung Rabu, 8 Agustus mendatang.

"Kami Filipina masih bisa mengirimkan tim, karena belum resmi mengirimkan surat penarikan dari Asian Games. Tetapi bila kami mengirimkan tim nantinya, kami harus melakukan pergantian nama pemain. Saya berharap Al Panlilio (Presiden SBP) berubah pikiran. Sebab basket adalah olahraga nomor satu di Filipina. Banyak penggemar akan menonton pertandingan basket, baik menang atau kalah," jelas Gomez.

Gomez mengaku kecewa dengan keputusan SBP yang merilis surat penarikan tim dari Asian Games di media sosial. Saat mengambil langkah tersebut, SBP tidak berkomunikasi dengan Komite Olimpiade Filipina (POC) dan CDM Filipina untuk Asian Games. Sebab bila benar-benar dilakukan penarikan atau tidak ikut, maka POC akan mendapatkan sanksi denda. Seperti yang tertuang dalam aturan Dewan Olimpiade Asia.

"Kami akan berangkat untuk mengikuti DRM hari Selasa mendatang. Jadi semua harus diselesaikan sebelum itu. Saya berharap akan ada solusi terbaik untuk masalah ini," kata Gomez.

Sebelumnya, Filipina menyatakan mundur karena alasan tidak bisa mengirimkan tim terbaik. Sebab beberapa pemain mendapatkan sanksi larangan bertanding dari FIBA, buntut dari insiden perkelahian dengan tim Australia. Sementara itu, sebelum SBP mengeluarkan surat pengunduran diri, mereka mengumumkan bahwa menunjuk Yeng Guiao sebagai kepala pelatih. Lalu memasukkan tim inti klub Rain or Shine, bahkan mendaftarkan garda Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson.(*)

Berita terkait:
-. FIBA Akhirnya Keluarkan Sanksi untuk Filipina dan Australia
-. Filipina Mengubah Rencana Jelang Asian Games 2018
-. Jordan Clarkson Masuk Daftar Pemain Filipina untuk Asian Games
-. Tim Basket Putra Filipina Tidak Ikut Asian Games 2018

Foto: fiba.com

Komentar