ABL

Al Panlilio, Presiden Samagong Basketbol ng Pilipinas (SBP), masih terus berupaya memasukkan Jordan Clarkson di tim Filipina untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Terbaru, pemain keturunan Filipina-Amerika tersebut sudah mendapatkan izin dari klubnya, Cleveland Cavaliers.

"Kami mencoba segala upaya untuk bisa mewujudkan keinginan kami untuk memasukkan Jordan Clarkson. Saya berharap dia mendapatkan persetujuan dari panitia Asian Games di Indonesia dan izin dari NBA," kata Al Panlilio, kepada rappler.com yang dilansir Kamis, 9 Agustus 2018.

Bagaimanapun juga, Clarkson tetap harus mendapatkan dua persetujuan penting, meski dirinya sudah diberi lampu hijau oleh Cleveland Cavaliers. Pertama yaitu izin dari NBA sebagai liga yang menaunginya. Kemudian, dia harus mendapatkan izin dari Olympic Council of Asia (OCA) atau Dewan Olimpide Asia. Bila menghitung waktu yang tersisa, maka kurang dari satu minggu harus sudah ada dua izin tersebut.

Sementara itu, saat SBP sibuk mengurus masalah Jordan Clarkson, Kepala Pelatih Filipina, Yeng Guiao sudah menyiapkan tim yang akan berangkat ke Jakarta. Minggu, 5 Agustus 2018 lalu, Yeng mengumumkan 14 nama yang masuk di roster timnas. Nama-nama tersebut termasuk pemain muda Filipina, Kobe Paras dan Ricci Rivero. Kemudian ada Christian Standhardinger dan Standley Pringle.

Tim ini memang mengambil sebagian besar pemain tim Rain or Shine Elasto Painters. Yeng Guiao juga pernah menjadi pelatihnya pada tahun 2012 hingga 2016. Jadi tidak sulit untuk melakukan penyesuaian.

"Untungnya, pelatih Caloy Garcia (Pelatih ROS saat ini), tidak mengubah sistem permainan yang pernah saya berikan. Dia hanya melakukan beberapa penyesuaian saja. Selebihnya 80 persen masih milik saya. Tentu saja, pemain-pemain juga sudak akrab dengan saya. Selebihnya pemain tambahan hanya menyesuaikan dengan sistem milik saya," kata Yeng Guiao, dikutip dari philstar.com.

Menanggapi persoalan Jordan Clarkson, Yeng mengatakan tidak ada masalah dengan itu. Ia menduga bahwa Clarkson bisa masuk di detik-detik terakhir.

"Saya mendukung semua langkah yang diambil SBP. Pada dasarnya saya tidak mempermasalahkan bisa nantinya Clarkson bergabung dengan kami," kata Yeng.

Filipina hanya punya waktu dua minggu, setelah Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Filipina, Pato Gregorio mengumumkan bahwa tim basket putra akan bermain di Asian Games kembali. Filipina akan menjalani pertandingan pertama di Asian Games pada 16 Agustus 2018 melawan Kazakhstan.(*)

Foto: nba.com

Komentar