IBL

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tinggal menghitung hari. Tim nasional basket negara-negara peserta sudah memasuki tahap akhir persiapan sebelum bertanding. Termasuk timnas putri India. Berada satu grup dengan juara bertahan Korea dan tuan rumah Indonesia, India mengaku bahwa tak mudah lolos ke babak kedua.

Rekor tim putri India di Asian Games kurang baik. Mereka tidak pernah menang di Asian Games 2010. Kemudian pada tahun 2014, India hanya mampu menang satu dari tiga laga di babak penyisihan. Hal tersebut, membuat India lebih mengutamakan persiapan untuk membenahi prestasinya.

Sebagai salah satu cara, tim putri India mengikuti William Jones Cup 2018 di Taiwan beberapa waktu lalu. Kompetisi tersebut dianggap tepat sebagai sarana berlatih pemain-pemain India. Sebab yang menjadi lawan adalah Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Kepala pelatih timnas putri India, Shiba Maggon, mengakui bahwa standar basket wanita di India rendah. Mereka tidak punya keunggulan fisik, tidak punya kelincahan dan kurang cepat. India bisa dibilang kalah dari negara-negara di kawasan Asia Timur.

"Kecepatan pemain-pemain Korea dan Jepang lebih baik dibandingkan Indonesia. Jadi kami berusaha untuk mengejar standar mereka. Salah satunya, kami berlatih dengan tim putra di India. Saya bermaksud untuk meningkatkan kemampuan pemain putri, baik ketahanan maupun kecepatan," kata Maggon, dikutip dari newindianexpress.com.

Salah satu pemain bintang India, Jeena Palanilkumkalayil Skaria, mengaku tidak akan mudah berlaga di Asian Games nanti. Apalagi India masuk di grup X bersama Taiwan, Kazakhstan, tuan rumah Indonesia dan juara bertahan Korea.

"Di Taiwan, kami berhasil melakukan banyak perbaikan tim. Khususnya pada kecepatan dan strategi bermain. Saya mengatakan pada tim bahwa Asian Games tahun ini akan lebih sulit. Tetapi kami sudah lebih percaya diri untuk menghadapinya," ucap Jeena.

Jeena PS merupakan pemain kunci di timnas India. Forward setinggi 1,79 meter tersebut sukses membawa India menjuarai FIBA Women's Asia Cup 2017 Division B. Ia rata-rata menghasilkan 13 poin, 5,8 rebound dan 3,0 asis per pertandingan.

Sementara itu di Asian Games 2018 nanti. Peluang India lolos ke babak kedua terbuka lebar. Mengingat, dari lima peserta di setiap grup, empat tim akan lolos ke babak kedua atau perempat final. Dengan persiapan yang matang, India berharap tak jadi bulan-bulanan di Grup X.(*)

Foto: fiba.com

Komentar