IBL

Waktu penyelenggaraan Asian Games semakin mendekat dan tim-tim peserta semakin mempersiapkan diri. Di cabang olahraga basket, tim nasional Indonesia sudah memepersiapkan diri sejak bulan Mei lalu. Indonesia melakukan pemusatan latihan dengan pergi ke Amerika Serikat dan mengikuti beberapa turnamen-turnamen seperti SEABA Pre-Qualifier dan William Jones Cup.

Indonesia tak sendiri, rival di Asia Tenggara, Filipina juga mempersiapkan diri dengan serius. Terbaru, Inquirer.net mengabarkan Gilas (julukan timnas Filipina) memperkuat tim mereka dengan memasukkan nama pemain Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, ke daftar pemain untuk Asian Games. Clarkson bergabung dengan 17 nama lainnya yang masuk dalam daftar seperti Kobe Paras.

Masuknya Clarkson ke daftar nama pemain Gilas diungkapkan langsung oleh Presiden Komite Olimpiade Filipina, Ricky Vargas. “Clarkson masuk dalam daftar, itu benar. Kami tertarik untuk mengajaknya bermain di Asian Games.” The Samahang Basketbol ng Pilipinas (induk organisasi basket Filipina) saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak Cavaliers untuk melepas sang pemain.

Bila Cavaliers setuju melepas Clarkson, ia akan terdaftar sebagai pemain lokal. Clarkson memiliki ibu yang berdarah Filipina. Rappler.com menyebutkan bahwa Clarkson sudah mengantongi paspor Filipina sejak ia berusia 12 tahun, sehingga tak perlu lagi proses naturalisasi. Pemain berusia 26 tahun ini juga seudah sempat berlartih bersama Gilas di kisaran 2015 lalu.

Tambahan Clarkson diharapakan mampu memperbaiki prestasi Filipina di Asian Games. Pada gelaran sebelumnya yang diadakan di Incheon, Korea Selatan, Gilas hanya mampu menempati peringkat tujuh. Filipina sudah pernah meraih medali emas sebanyak empat kali sejak gelaran empat tahunan ini resmi dimulai 1951 lalu. Emas terakhir mereka dapat pada Asian Games 1962 yang kebetulan juga digelar di Indonesia. Dalam 10 gelaran terakhir, Cina dan Korea Selatan mendominasi medali emas. Cina meraih tujuh emas sementara Korea Selatan tiga emas.

Bila Gilas dan Cavaliers berhasil meraih kesepakatan melepas Clarkson, urusan belum serta-merta berakhir. Gilas juga harus mengantongi izin dari Inasgoc (Indonesian Asian Games Organizing Committee) agar mantan pemain Los Angeles Lakers tersebut dapat bermain.

Foto: Rappler.com

 

Komentar