IBL

Phil Knight menulis perjuangannya mendirikan Nike dengan modal pinjaman AS$ 80 dalam sebuah buku berjudul “Shoe Dog: A Memoir of the Crator of Nike”. Buku tersebut dirilis pada 2016 dan sukses. Karya tangan Knight bahkan masuk jajaran buku terlaris menurut The New York Post. Melanjutkan paparan itu, waralaba televisi NetFilx akan memfilmkan kisah di buku tersebut. Wacana itu disampaikan melalui rilis pers kepada Sole Collector yang kemudian dipublikasikan luas.

Proyek pembuatan film akan ditangani Frank Marshall, salah satu petinggi Nike sekaligus produser film. Ia tercatat menangani beberapa film besar seperti “Indiana Jones” dan “Back to the Future”. Marshall akan dibantu Scott Alexander dan Larry Karaszewski untuk penyusunan skenario.

“Saya tersanjung dengan apresiasi masyarakat tentang perjalanan saya dalam membangun Nike. Lewat kolaborasi dengan NetFlix, saya berharap bisa memperluas jangkauan dengan media berbeda,” ujar Phil Knight dilansir dari rilis pers.

Scott Stubber mewakili Divisi Perfilman NetFlix menyatakan rasa antusias dalam penggarapan film bersumber buku Phli Knight tersebut. “Kami tidak sabar untuk segera mengerjakan film Shoe Dog. Ia telah jadi ikon bisnis dunia serta pencerita yang apik,” kata Stubber. Beberapa elemen penting, lanjut Stubber, yang akan dimunculkan dalam film itu adalah inovasi, semangat, serta sifat pantang menyerah.

Belum ada informasi konkret mengenai tanggal penayangan perdana. Meski demikian, buku “Shoe Dog: A Memoir of the Crator of Nike” telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa dan masih beredar di toko-toko buku besar di dunia.

Melalui tulisannya, Knight membeberkan bagaimana ia membangun Nike. Ia mengawali runtutan kisah dengan bercerita ketika ia memulai usaha impor sepatu Onitsuka Tiger pada 1963. Kala itu, ia masih berusia 24 tahun. Usahanya dirintis bersama Bill Bowerman, dosen di University of Oregon sekaligus dosennya. Phil Kngiht juga menceritakan perjuangannya mengembangkan Nike hingga menjadi sebesar sekarang. Pada 2017, atau setelah 45 tahun sejak Phil Knight mendirikan Nike, keuntungan rata-rata pertahun mencapai AS$ 30 Miilyar.

Buku ini cocok bagi para penikmat kisah biografi serta para wirausahawan. Anda akan disajikan dengan pelbagai fakta-fakta yang tidak semuanya terungkap di media. Mimpi dan perjuangan Phil Knight tertuang dengan gamblang namun dengan tutur bahasa yang menarik. Namun bila Anda ingin sensasi yang berbeda, maka filmnya pun bisa jadi rujukan untuk mengobati rasa penasaran Anda akan Phil Knight dan Nike.

Foto: Bloomberg, Amazon

Komentar