IBL

Air Jordan menjadi merek sepatu sneaker yang paling terkenal saat ini. Kisah awal kerja sama antara Nike dan Michael Jordan pada periode 1980-an itu akan diangkat ke layar lebar berjudul Air Jordan. Aktor Ben Affleck dan Matt Damon dikonfirmasi akan kembali berduet untuk bermain dalam film tersebut.

Kedua aktor yang dijuluki Boston Bestie itu sebelumnya pernah berkolaborasi dalam film Good Will Hunting dan mendapat penghargaan best original screenplay atau skenario terbaik di Academy Awards ke-70 tahun 1998 silam. Damon juga pernah memerankan desainer otomotif, Carroll Shelby dalam film Ford v. Ferrari.

Affleck akan memerankan pendiri Nike, Phil Knight. Damon akan memerankan Sonny Vaccaro. Belum diumumkan siapa aktor yang akan memerankan Jordan maupun aktor pendukung lainnya. Selain menjadi aktor utama, Affleck akan menjadi sutradara dan penulis naskah film tersebut. Sementara Damon juga bertindak sebagai produser dan penulis naskah.

Dilansir dari Hollywood Reporter, film tersebut akan menceritakan tentang upaya Nike menjalin kesepakatan dengan Jordan untuk membuat sepatu sneaker. Film itu berfokus pada awal karir Jordan ketika memasuki NBA pada tahun 1984. Setelah lulus dari University of North Carolina, Jordan menjadi pilihan nomor tiga dalam NBA Draft 1984.

Saat itu Vaccaro berhasil melakukan apa yang dianggap mustahil oleh sebuah perusahaan sepatu kecil. Hingga menjauhkan Jordan dari kompetitornya seperti Adidas, Reebok, dan Converse. Dengan melakukan itu, Vaccaro membantu mengubah Nike, termasuk menjalin hubungan antara atlet dan merek, serta wajah industri sneaker secara keseluruhan.

Dari sneaker olahraga, kini brand Jordan telah berevolusi menjadi salah satu perlengkapan ternama di berbagai cabang olahraga. Bahkan menjadi apparel resmi klub sepak bola Paris Saint-Germain. Sepatu Air Jordan menjadi salah sepatu yang terlaris di dunia. Hingga kini merk sepatu Air Jordan masih diproduksi oleh Nike.

Menurut laporan Yahoo! Finance, brand Jordan, yang menjadi cabang dari Nike, telah menghasilkan penjualan sebesar AS$ 5 miliar pada tahun 2021. Majalah Forbes memperkirakan bahwa Nike telah membayar Jordan sekitar AS$1,3 miliar sejak 1984 silam.

Sebelumnya kisah Vaccaro pernah diangkat menjadi film berjudul Sole Man pada 2015. Film tersebut disutradarai oleh Jon Weinbach, yang juga presiden Skydance Sports. Weinbach juga merupakan produser dari film dokumenter Jordan, The Last Dance. (rag)

Foto : Getty Images, Reuters/Yara Nardi

Komentar