IBL

Air Jordan telah menjadi bagian ikonik dari sejarah sneaker dan sejarah bola basket. Film "Air" memberikan pandangan mendalam tentang penciptaan sepatu ikonik ini, dan menjelaskan tentang strategi pemasaran inovatif yang mengubah cara pandang atlet. Ternyata Ben Affleck terlecut untuk membuat film tersebut setelah melihat selembar foto adik laki-lakinya. 

Aktor sekaligus sutradara Ben Affleck, yang menyutradarai film biografi "AIR" di mana ia berperan sebagai Philip Hampson Knight, seorang tokoh bisnis miliarder Amerika yang ikut mendirikan merek olahraga seperti Nike, membagikan cerita menarik. Dia menyebut bahwa inspirasi untuk membuat film ini muncul setelah melihat selembar foto adik laki-lakinya yang memakai sneaker Air Jordan.

"Saya punya foto adik laki-laki yang mengenakan Air Jordan. Foto itu diambil saat musim dingin tahun 1985 atau awal 1986. Saya ingat, Nike menjadi barang yang harus Anda miliki saat itu, jika Anda ingin menjadi keren. Tapi saya tidak memiliki pengetahuan apa pun tentang latar belakang asal usul sepatu ini. Dari sana, saya memutuskan untuk membuat film ini," ujar Affleck, dalam sebuah wawancara di daijiworld.com.

Menurut Affleck, sepatu bukanlah barang yang membuat Michael Jordan hebat. Sebaliknya kehebatan Michael Jordan yang membuat sepatu ini menjadi fenomena. Budaya sneaker sedang naik daun sekarang, dan "AIR" membuat semua orang tahu tentang permulaannya. Dia melihat bahwa awal mula fenomena ini harus diketahui banyak orang. 

"Semuanya dimulai dengan visi seorang pria, keyakinan timnya, keyakinan dan tekad seorang wanita, dan bakat tak tertandingi dari seorang atlet luar biasa. Bersama-sama, mereka mengubah sepatu basket yang dulu umum menjadi sesuatu yang ikonik selamanya. Itulah Air Jordan," jelasnya. 

Film "AIR" menceritakan kemitraan yang mengubah dunia antara pemain rookie Michael Jordan dan divisi bola basket Nike yang baru lahir saat itu. Mereka merevolusi dunia olahraga dan budaya kontemporer khususnya sepatu dengan merek Air Jordan. Film ini juga dibintangi oleh Matt Damon sebagai eksekutif maverick Nike Sonny Vaccaro, Jason Bateman sebagai Rob Strasser, Chris Messina sebagai David Falk, Chris Tucker sebagai Howard White, dan Viola Davis sebagai Deloris Jordan. 

Film tersebut diproduksi oleh Amazon Studios, bekerja sama dengan Skydance Sports, dan Mandalay Pictures. Setelah dirilis di Amerika Serikat, film tersebut sekarang bersiap untuk rilis di Prime Video. (*)

Foto: People.com

Komentar