IBL

Pada pemutaran perdana film "Air", sutradara Ben Affleck mengatakan kepada awak media bahwa Michael Jordan memilih sendiri sosok yang dianggap mampu memerankan tokoh Deloris Jordan. Karena menurut Jordan, ibunya yang berperan penting dalam kesuksesannya bersama Nike. Pilihan Jordan jatuh kepada Viola Davis. 

Deloris Jordan digambarkan sebagai pribadi yang penyayang, tangguh, dan cerdas. "Semua ini tidak akan pernah terjadi tanpa ibu saya," kata Ben Affleck, menirukan ucapan Michael Jordan. "Pemeran yang bisa sempurna tentu saja Viola Davis."

Foto: huffingtonpost.com

Sejak diputar mulai 8 April 2023, film "Air" memang menyita perhatian. Film ini mengisahkan di balik sneaker Air Jordan yang terkenal sampai sekarang. Latar waktu yang dipakai adalah tahun 1984, di mana Nike sangat ingin membawa produknya ke ranah basket, dan menciptakan ikon baru. Pilihan mereka jatuh kepada Michael Jordan yang saat itu sedang merajut kisahnya sebagai seorang bintang basket. 

Banyak proyek film yang ingin mendapatkan Viola Davis sebagai salah satu aktrisnya. Dalam sebuah wawancara dengan USA Today, Ben Affleck merasa beruntung bisa mendapatkan tanda tangan Viola Davis, untuk mengambil peran dalam film ini. Karena dia butuh sosok yang cerdas sekaligus berkarakter seperti Davis, untuk bisa memerankan ibu Jordan. Ditambah lagi, Davis merupakan aktris pemenang EGOT, atau empat penghargaan terbaik dalam dunia film, yaitu Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Award. 

"Dia merupakan gambaran nyata bagaimana seorang wanita Afrika-Amerika yang hidup melalui anak-anak mereka. Dalam arti, mereka tidak punya banyak kesempatan untuk mewujudkan mimpi anak mereka sendiri. Maka ketika kesempatan itu datang, para ibu akan memanfaatkan sebaik-baiknya. Film ini menceritakan sebuah perjuangan yang indah," ujar Ben Affleck, yang juga berperan sebagai salah satu pendiri Nike, Phill Knight. 

Film produksi Amazon ini sudah diputar di bioskop-bioskop Amerika Serikat. Pada minggu pertama, film ini sudah meraup lebih dari 20 juta dolar Amerika Serikat di box office. Data ini menjadikan "Air" sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi yang pernah dirilis oleh Amazon sejak tahun 2017. Penilaian yang diberikan juga bagus, bahkan USA Today menyebut kalau "Air" layak masuk nominasi Academy Awards. 

Cerita yang paling menguras emosi adalah ketika Sonny Vaccaro yang diperankan oleh Matt Damon, berusaha untuk menarik perhatian Deloris Jordan (Viola Davis), dan James Jordan (Julius Tennon), agar pasangan tersebut mau membubuhkan tanda tangan untuk kontrak Nike. Kemudian saat sepatu pertamanya selesai dibuat, juga menjadi adegan yang paling ditunggu-tunggu dalam film tersebut. (*)

Foto: Entertainment Tonight

Komentar