IBL

Banyak hal yang bisa dicermati dari cerita awal kerjasama Nike dengan Michael Jordan. Meski awalnya Nike punya keinginan besar untuk mendapatkan tanda tangan Jordan, perusahaan tersebut masih menyimpan keraguan. Akhirnya Nike mengajukan empat syarat yang cukup berat untuk diselesaikan. Tetapi Michael Jordan mampu menyelesaikan empat syarat tersebut sekaligus di musim pertamanya. 

Bila Anda menyaksikan film "Air" garapan sutradara Ben Affleck, maka pada adegan klimaks, terjadi pembicaraan antara Sonny Vaccaro (Matt Damon) dan Deloris Jordan (Viola Davis) melalui telepon. Ibu Jordan meminta anaknya mendapatkan lima persen dari seluruh penjualan sepatu dan peralatan olahraga yang dinamai Jordan. Sementara pihak Nike, akhirnya menyetujuinya dan film pun usai. 

Tetapi ada sebuah adegan, sebelum film ini selesai yang menggambarkan bahwa pemilik Nike, Phil Knight (Ben Affleck) juga tidak yakin dengan keputusannya. Tetapi tidak diceritakan secara detail dalam film tersebut. Hanya saja, dijelaskan melalui tulisan-tulisan sebelum credit title muncul. 

Nike memang mengejar Michael Jordan. Tetapi setelah Deloris Jordan mengajukan syarat yang berat, maka Nike tidak membuatnya menjadi mudah. Mereka masih punya keraguan tentang potensi pemasaran. Pada akhirnya, Nike memberikan tantangan untuk Michael Jordan di musim 1984-1985, atau musim debutnya. 

Nike menyebut empat syarat yang harus diselesaikan Michael Jordan. Tidak harus semuanya berhasil, Nike hanya minta satu saja dari syarat ini terpenuhi. Syarat tersebut antara lain Michael Jordan harus menjadi Rookie of the Year, atau mencetak rata-rata 20 poin per gim dalam satu musim, atau menjadi NBA All-Star, atau mendorong penjualan sepatunya senilai 4 juta dolar Amerika setahun. 

Syarat ini tentu sangat berat bagi pemain debutan. Namun tidak bagi seorang Michael Jordan. Karena seperti yang diceritakan dalam film, Deloris, ibu Jordan, berjanji bahwa anaknya bisa menjadi bintang di NBA sejak musim pertamanya. Kenyataannya memang benar, Michael Jordan tidak hanya menyelesaikan satu syarat, melainkan empat syarat sekaligus. 

Pada NBA musim 1984-1985, Michael Jordan menjadi Rookie of the Year dengan rata-rata 28 poin per gim, serta terpilih menjadi All-Star. Sementara penjualan sepatu Air Jordan 1 di tahun pertama mencapai 100 juta dolar. Seandainya Nike tahu sejak awal bahwa Michael Jordan akan sehebat itu, maka tantangan yang diberikan terdengar konyol. Namun tampaknya, tidak ada pemain dalam sejarah NBA yang bisa menyelesaikan empat syarat "gila" dari Nike, seperti Jordan. 

Foto: Footwear News

Michael Jordan melakukan debut NBA bersama Chicago Bulls pada 26 Oktober 1984, dan mencetak 16 poin. Pada tahun 2021, potongan tiket dari pertandingan tersebut terjual di lelang seharga 264 ribu dolar Amerika. Selama musim 1984-1985, Jordan rata-rata mencetak 28,2 poin per gim dengan akurasi tembakan 51,5 persen. Jordan muncul di sampul Sports Illustrated dengan tajuk "A Star Is Born" pada bulan Desember 1984. Para penggemar juga memberikan suara sebagai starter All-Star 1985. Dia juga terpilih sebagai NBA Rookie of the Year. (*)

Foto: nba.com

Komentar