IBL

Legenda Chicago Bulls dan penghuni NBA Hall of Fame, Dennis Rodman, berujar bahwa ia ingin mengajak Kanye West dalam kunjungannya ke Korea Utara pada September 2018. Ajakan Rodman ini sebagai tindakan balasan atas pujian yang dilontarkan pemilik lini busana Yeezy itu pada akun Twitter-nya tertanggal 10 Juli 2018. Lewat rencananya ini, Rodman ingin mengenalkan Kanye pada Kim Jong-Un dan diberi kesempatan bila ia ingin membuat video klip disana.

Rodman mengatakannya ketika menjawab wawancara singkatnya bersama US Magazine. “Saya rasa Chicago Bulls adalah tim kesukaannya. Ia juga tampak mengidolai saya lewat pencapaian yang sudah saya buat. Semoga suatu saat nanti kita bisa bekerja bersama. Saya juga ingin mengajaknya berkunjung ke Korea Utara,” tutur Rodman.

Dalam wawancara itu pula, Rodman mengajukan diri bergabung dalam proyek pembuatan album baru suami Kim Kardashian itu. “Bila ia ingin membuat album dengan tema hal tersebut, silakan saja. Mungkin kita bisa tinggal disana (Korea Utara) enam sampai tujuh hari,” imbuh mantan pemain bernomor 91 itu.

Pada 10 Juli 2018, Kanye West mengunggah foto seragam tanding yang dibubuhi tangan Rodman. Dalam unggahan itu, Kanye menyatakan bahwa Rodman jadi salah satu inspirasinya dalam berkarya. Baginya, sosok Rodman jadi penggebrak tembok lewat idealisme yang diusung.

Rodman pertama kali mengunjungi Korea Utara pada 2013. Kala itu, ia datang membawa kelompok penampil basket Harlem Globetrotters. Pada pertemuan pertama itu, ia bahkan diperbolehkan menggendong anak pertama Kim Jong-Un. Selang empat bulan, ia kembali ke Pyong Yang untuk bermain eksebisi basket saat acara perayaan ulang tahun sang diktator pada Januari 2014.

Ia kemudian kembali ke Korea Utara pada 2017. Kala itu, ia membawa hadiah berupa buku untuk Kim Jong-Un. Buku itu berjudul “The Art of the Deal” dan merupakan karya tangan pertama Donald Trump. Chris Volo selaku manajer perjalanan Rodman mengatakan kepada The Washington Post bahwa tujuan diadakan agenda-agenda kunjungan tersebut adalah bentuk diplomasi bola basket.

Pertemuan terakhir Rodman dengan Kim Jong-Un terjadi pada Juni 2018 di Singapura. Ia jadi salah satu tamu VIP pertemuan Kim Jong-Un dan Donald Trump. Rodman bahkan sempat satu meja dengan dua pemimpin yang acap kali berseteru itu.

Dennis Rodman bisa jadi adalah orang spesial di Korea Utara karena pertemuannya dengan Kim Jong-Un. Janji mengajak Kanye West ke negara Semenanjung Korea itu pun menddekati kenyataan apabila Kanye bersedia.

Foto: The New York Post

Komentar