IBL

Perjalanan Los Angeles Lakers sedekade terakhir terus mengalami penurunan. Sejak menjadi juara NBA 2010, tim yang identik dengan warna ungu ini hanya berhasil tiga kali lolos ke babak playoff. Lima musim terakhir, Lakers bahkan tak pernah mendekati delapan besar yang merupakan zona lolos playoff. Prestasi terbaik Lakers adalah finis di peringkat 11 musim ini.

Dalam prosesnya, manajemen Lakers terus melakukan perombakan pemain dari musim ke musim. Dwight Howard, Steve Nash, Jeremy Lin, hingga Luol Deng pernah dicoba untuk memperbaiki prestasi tim. Sayangnya, realita tak pernah memenuhi ekspektasi manajemen

Uniknya, dari sederet nama pemain yang silih berganti menghiasi skuat Lakers, beberapa di antaranya berhasil tampil di Final NBA 2018. Pertemuan keempat beruntun Golden State Warriors dan Cleveland Cavaliers dihiasi empat bekas pemain Lakers. Empat pemain tersebut tidak dibagi rata oleh kedua tim. Cavaliers mengantongi tiga nama sementara Warriors satu nama.

Bekas pemain Lakers di Cavaliers adalah Jose Calderon, Larry Nance Jr., dan Jordan Clarkson. Dua nama yang disebut terakhir datang di pertengahan musim ini setelah Cavaliers merombak total skuat mereka. Clarkson membela panji Lakers sejak 2014 sementara Nance Jr. bergabung sejak 2015. Cavaliers sama-sama menjadi tim kedua selama karir mereka di NBA. Calderon yang sudah bermain di NBA sejak 2005, hanya semusim bermain bersama Lakers. Ia hanya bermain 24 laga pada musim 2016-2017. Musim ini menjadi musim perdananya bersama Cavaliers. Sepanjang musim reguler, ia telah bermain 57 laga dengan 32 di antaranya sebagai pemain utama (starter).

Nick Young menjadi satu-satunya bekas pemain Lakers di Warriors. Bermain di NBA sejak 2007, Warriors merupakan tim kelima sepanjang karirnya. Ia memperkuat Lakers dalam kurun 2013-2017, membuat Lakers menjadi tim kedua terlama yang ia bela setelah Washington Wizards pada 2007-2012. Pemain yang akrab disapa Swaggy P ini bermain sebanyak 80 laga bagi Warriors di musim reguler. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak musim keduanya. Ia bermain penuh 82 laga bagi Wizards di 2008-2009.

Untuk sementara, Young patut jemawa setelah timnya berhasil memenangi dua laga awal. Tetapi, bila dilihat dari sumbangsih, Young masih kalah dengan Nance Jr. yang sudah mengumpulkan 11 poin dan 17 rebound. Ia menjadi pemain yang bermain paling lama di antara bekas pemain Lakers lainnya dengan 31 menit.

Seandainya mereka masih sama-sama di Lakers, sanggupkah mereka menyentuh titik ini?

Foto: USA Today

Komentar