IBL

Desainer sekaligus kepala direktur kreatif Dior Homme, Kim Jones, terkenal dengan desain produknya yang berhubungan dengan modernitas. Asas itu ia gunakan untuk membuat siluet terbaru sepatu kasual hasil kolaborasinya dengan Nike. Ia menggabungan siluet klasik Nike Vandal Hi dan Nike Air Max 360. Kreasi itu menghasilkan sepatu berpenampilan baru yang diberi nama Nike Air Max 360 Hi.

Pada bagian atas sepatu, Jones memilih perpaduan antara kanvas, nilon rajut (mesh), dan kulit sintetis. Bahan tersebut biasa ditemui di sepatu-sepatu basket milik Nike seperti Hyperdunk dan sebagian Hyperfuse. Jones membuat formasi temali asimetris hasil penggabungan konsep temali pada Nike Air Footscape. Agar terlihat berbeda, ia mendekorasinya menyerupai desain pada LeBron 9.

Kim Jones menggunakan inspirasi dari Nike Vandal Hi untuk edisi ini. Hal paling kentara dapat dilihat di tali tambahan Velcro di bagian atas sepatu. Sebagai sepatu basket klasik yang dirilis pada 1984, fitur tersebut bermanfaat untuk kerapatan sepatu. Kini, setelah tidak dipakai untuk bermain basket, fitur tersebut digunakan untuk keperluan estetika.

Sementara di bagian sol, Jones memilih bantalan udara (Air Sole Unit) penuh. Konsep ini dihadirkan Nike lewat edisi Air max 360 yang pertama kali diperkenalkan pada 2006. Konsep tersebut semakin mendunia setelah Nike merilis sepatu-sepatu dengan konsep bantalan udara penuh.

Belum dapat dipastikan apakah sepatu ini cocok digunakan untuk bermain basket atau tidak walau nuansa basket sangat kental. Bila dilihat dari strukturnya, bagian atas sepatu mengadopsi sepatu basket era 1980-an. Tali tambahan Velcro juga cocok diaplikasikan sebagai pelindung pergelangan kaki (ankle). Sejauh ini, hanya Nike Air Max 360 Basketball yang tercatat sebagai sepatu berbantalan udara penuh khusus untuk bermain basket.

Kim Jones x Nike Air Max 360 Hi dirilis pada 2 Juni 2018 hanya di gerai terpilih di Eropa.

Foto: Nike, Akun Instagram @mrkimjones

Komentar