IBL

Kepala Pelatih Brett Brown masih menyisakan kontrak setahun bersama Philadelphia 76ers. Namun, tim ini tampak ingin mengikatnya lebih lama lagi. Menurut Adrian Wojnarowski, ESPN, melalui akun Twitternya, Sixers telah memperbarui kontrak sang pelatih selama tiga tahun ke depan pada Selasa, 29 Mei 2018 waktu setempat. Itu artinya, Brown akan menangani tim ini hingga musim 2021-2022.

Menurut Presiden dan Manajer Umum Bryan Colangelo, keputusan Sixers untuk memperpanjang kontrak tak lepas dari kesuksesan Brown membawa tim ini ke playoff untuk pertama kali sejak 2012. Mereka bahkan finis di urutan ketiga klasemen Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah 52-30. Padahal musim sebelumnya, mereka hanya bisa meraup 28 kemenangan dari total 82 pertandingan dan gagal ke playoff karena menempati urutan ke-14.  

“Saya pikir ini bukan situasi yang baik untuk seorang pelatih dengan sisa kontrak satu musim lagi. (Kontrak setahun) itu mempengaruhi berbagai aspek dari apa yang sedang ia lakukan,” ujar Colangelo tentang alasan lain dari perpanjangan kontrak itu, seperti dikutip ESPN.

Di playoff 2018, Sixers juga sukses mengalahkan Miami Heat 4-1 di putaran pertama. Sayangnya, Brown dan anak-anak asuhnya kalah 1-4 dari Boston Celtics di putaran kedua alias semifinal wilayah.

Dengan kekalahan di playoff, Sixers terpaksa mengakhiri perjalanan lebih cepat dari empat tim lainnya yang melaju ke final wilayah. Akan tetapi, jika membandingkan rekam jejak penampilannya musim ini, mereka tentu telah berkembang lebih baik dari sebelumnya.

“Kami telah mengembangkan sesuatu yang menurut saya membanggakan,” ujar Brown.

Seperti juga jargon mereka tentang mempercayai proses (trust the process), para pemain muda seperti Joel Embiid dan Ben Simmons pun berkembang baik di bawah asuhan Brown.

Di musim perdananya di bawah asuhan sang pelatih, Embiid masuk ke jajaran All-Rookie 1st Team dan menjadi kandidat Rookie of the Year. Semusim berselang, ia langsung terpilih sebagai All-Star.

Di sisi lain, Simmons pun berhasil menembus All-Rookie 1st Team dan menjadi kandidat Rookie of the Year. Ia bahkan bisa saja menjadi peraih Rookie of the Year musim ini. Dengan perkembangan-perkembangan itu, manajemen Sixers pun merasa perlu meneruskan kerja samanya dengan Brown.

Foto: NBA

Komentar