IBL

Li-Ning mengumumkan sepatu edisi khusus Dwyane Wade dari hasil kolaborasi dengan media sneaker kenamaan asal Cina, Size Media. Sepatu ini dirilis secara eksklusif pada 13 Mei 2018 dan dibuat hanya 300 pasang. Pengemasannya dibuat dengan menggunakan kotak sepatu khusus berwarna hitam bermotif mawar. Tak hanya itu, setiap edisi sepatu dibubuhi nomor 1/300 hingga 300/300 untuk menambah kesan langka.

Size Media x Li-Ning Way of Wade 6 “Old Rose” memiliki pesan tersendiri bagi pihak yang terlibat. Sepatu ini jadi penanda eksistensi Size Media sebagai situs utama informasi gaya hidup anak muda urban di Cina. Hal itu dibuktikan dengan ornamen yang mencatumkan tahun 2004-2018 di bagian sol. Sementara pepatah kuno Cina tersemat di sepatu bertuliskan “mawar mungkin akan mekar kembali, sedangkan manusia pasti menua”. Pepatah itu, menurut Li-Ning, jadi pepatah yang paling tepat menggambarkan mekarnya karir Wade, garda Miami Heat, sekarang.

Warna merah muda yang diusung, kabarnya dipilih sendiri oleh Wade. Ia juga berkontribusi terhadap ide membuat sol yang bisa menyala dalam gelap. Dua hal ini Wade pilih agar ia percaya diri menggunakannya di lapangan maupun saat bersantai di luar lapangan.

Sayangnya, penggemar Wade dari seluruh dunia harus menelan pil pahit. Sepatu ini hanya akan dirilis di Cina, tepatnya di gerai Li-Ning AliExpress. Pihak Li-Ning juga memastikan tidak ada pembelian daring (online) sehingga seluruh transaksi hanya dilakukan di gerai tersebut.

Tahun 2012, Wade membuat keputusan dengan tidak memperpanjang kontrak bersama Jordan lalu berlabuh kepada Li-Ning. Ia berlabuh ke merek yang kurang tenar di NBA setelah sembilan tahun berada di bawah anak perusahaan Nike: enam tahun bersama Converse dan tiga tahun bersama Jordan. Bleacher Report dan USA Today menyebut kepindahannya pada 2012 tersebut karena urusan uang. Walau begitu, Complex melihat bahwa Wade punya insting tersendiri dalam urusan mendesain sepatu. Kepindahannya ini dianggap sebagai tanda bahwa pebasket Miami Heat itu ingin punya kreativitas lebih untuk sepatu khusus miliknya.

Foto: Li-Ning

Komentar