IBL

Lini sepatu skateboard Vans baru-baru ini menggelar perhelatan hasil kerja sama dengan perusahaan ban asal Prancis, Michelin. Selain merilis sepatu, mereka punya sebuah misi khusus. Kedua merek lintas bidang ini melakukan kampanye berkendara aman dengan rutin mengecek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

Kolaborasi ini muncul akibat keprihatinan Vans dan Michelin untuk hasil survey keselamatan berkendara oleh Badan Keamanan Berkendara Nasional Amerika Serikat. Survey itu melibatkan pengendara remaja di tujuh kota besar Amerika Serikat. Sebanyak 42 persen remaja berkendara dengan tapak ban aus dan 40 persen lagi berkendara dengan tekanan ban yang tidak sesuai standar. Kenyataannya, dari total 2,2 juta kecelakaan di Amerika Serikat memang melibatkan 300 ribu kasus pengendara remaja dengan kondisi ban seperti itu.

Steve Van Doren berpose diatas instalasi mobil raksasa berbentuk Michelin x Vans Sk8 Hi.

 

“Kecelakaan masih jadi permasalahan besar di negara ini (Amerika Serikat). Kebanyakan remaja sudah tahu apa yang harus mereka lakukan dengan ban mobilnya, tapi masih sedikit yang punya kesadaran untuk melakukannya,” ujar Scott Clark, CEO Michelin wilayah Amerika Utara.

Michelin, lanjut Clark, ingin anak muda lebih memperhatikan kondisi ban mobil mereka. Kolaborasi ini bisa jadi salah satu bagian kampanye besar Michelin bertajuk “Beyond the Driving Test", sebuah program yang dijalankan Michelin sejak 2014 dengan menggandeng Federation Internationale de l’Automobile (FIA).

Selain merilis sepatu, Michelin dan Vans juga menggaungkan gerakan #StreetTreadContest. Anak-anak muda Amerika Serikat diajak kampanye merawat ban mobil dengan mengunggahnya di jejaring sosial Instagram. Mereka akan memilih 100 peserta yang merawat bannya dengan hadiah sepasang sepatu Michelin x Vans Old Skool dan SK8 Hi. Kedua belah pihak berharap acara ini diikuti sedikitnya sejuta remaja.

Di acara perilisan, Michelin membuat satu-satunya Michelin x Vans Slip On untuk Steve Van Doren. Kabarnya, sepatu ini tidak akan dirilis massal.

 

Acara perilisan kolaborasi ini dihadiri pihak Michelin yang diwakili Scott Clark dan Vans yang diwakili Steve Van Doren. Kedua pihak tampak antusias dengan kerja sama yang dijalankan. “Apa pun yang berhubungan dengan peningkatan kesadaran remaja kepada suatu hal baik, saya ikut,” ujar Steve Van Doren, anak Paul Van Doren sang pendiri Vans.

Pria yang sekarang menjabat direktur Vans bidang promosi dan acara tersebut juga menjelaskan visi desain sepatu Michelin x Vans. “Kami sandingkan karakter Michelin Man yang ikonik dengan motif papan catur kami yang melegenda. Ini sungguh cara yang menyenangkan dalam mempromosikan cara berkendara aman!” pungkasnya.

Foto: Vans, Bryan Luna/Titelmedia

Komentar