IBL

Berawal sebagai sepatu skateboard, Vans kini lebih identik dengan merek sepatu busana bergaya streetwear. Hal tersebut tampak ketika banyak masyarakat urban justru memilih Vans sebagai sepatu untuk fesyen ketimbang main skateboard.

Soal ketahanan, Vans telah mengantungi banyak testimoni positif. Ini tentu jadi kelebihan sepatu besutan perusahaan milik Paul Van Doren dibanding merek lain. Sejak pertama kali dibuat pada 1966, faktor keawetan dan ketahanan memang jadi fokus utama. Wajar bila kini para pekerja keras dan seniman menggunakannya ketika bekerja.

Untuk memberi rasa hormat pada kaum kreatif dan para pekerja keras itu, Vans merilis koleksi sepatu khusus untuk mengakomodasi kebutuhan mereka. Sebuah sepatu yang kuat, tapi tanpa mengurangi estetika berpakaian yang layak dan menarik. Koleksi terbaru ini diberi tajuk “Made for the Makers”.

Seri ini sekilas tampak seperti siluet klasik (classic core) berwarna hitam biasa. Akan tetapi, Vans telah menyiapkan sesuatu yang membuatnya berbeda. Perbedaan itu dapat Anda temui dari bahan luaran, sol dalam dan sol luar. Semua pengembangan itu membuat sepatu dalam koleksi ini punya ketahanan lebih kuat dari siluet Vans klasik biasa.

Basis koleksi “Made for the Makers” diambil dari empat siluet klasik besutan Vans di era kejayaan mereka pada 1980-an. Siluet itu antara lain Sk8 Hi Reissue, Slip On, Old Skool, dan Authentic.

Vans menjejali beberapa fitur ketahanan bagi keempat siluet tersebut. Di bagian sol bawah, mereka memasang sol karet bermotif waffle dengan sistem vulkanisir. Sol bawah ini mengadopsi Vans seri Mountain Edition yang sejatinya dirilis untuk bermain skateboard saat musim salju. Bagian atas menggunakan kanvas berteknologi Vansguard. Kanvas ini tiga kali lebih tebal dari kanvas biasa serta tidak menyerap air dan lumpur.

Tak hanya itu, Vans juga memberikan kenyamanan lewat fitur tambahan lainnya. Sol dalam menggunakan sol Ultra Crush (UC) yang empuk dan berpori. Sol ini bermanfaat membantu memperlancar aliran udara di kaki sehingga tidak membuat gerah ketika sepatu digunakan saat bekerja. Beberapa profesi yang menurut Vans cocok menggunakan sepatu ini antara lain adalah pekerja bangunan, pandai besi, koki, seniman lukis, dan profesi lain yang membutuhkan ketahanan fisik ekstra.

Tak perlu khawatir, koleksi Vans “Made for the Makers” dirilis secara global sejak kemarin, 19 Januari 2018. Anda bisa mendapatkannya di gerai-gerai Vans terpilih di Indonesia.

Sumber Foto: Vans

Komentar