IBL

Cleveland Cavaliers akhirnya kembali ke final Wilayah setelah menyapu bersih Toronto Raptors 4-0. Cavs menang di pertandingan terakhir dengan skor 128-93 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Senin malam, 7 Mei 2018 waktu setempat. Ini sekaligus menjadi tahun keempat beruntun Cavs ke final wilayah.

"LeBroom" James, forwarda Cavs, menjadi momok mengerikan bagi Raptors di sepanjang pertemuan mereka musim ini. Hari ini saja James mencetak 29 poin, 11 asis, 8 rebound, 2 steal, dan 1 blok. Ia bahkan bisa saja mencetak triple-dobel andai tidak istirahat ketika mereka unggul 110-80 di pertengahan kuarter empat.

Senter andalan Cavs, Kevin Love, kemudian membantu dengan 23 poin, 6 rebound, 2 steal, dan 2 blok. Tiga pemain utama lainnya total mencetak 43 poin dalam kemenangan ini; membuat Cavs menyapu bersih Raptors di semifinal wilayah dua kali dalam dua musim beruntun.

Dalam pertandingan ini, perbedaan akurasi kedua tim menjadi pembeda paling kontras. Cavs sedikitnya memasukkan 62,5 persen tembakannya sementara Raptors hanya 48,6 persen. Cavs bahkan memasukkan 11 dari 23 tripoinnya dan Raptors hanya 4 dari 15. Ketika tuan rumah mencetak tripoin sebanyak itu, mereka menjadi salah satu tim yang sulit dihentikan. Buktinya, Cavs menang dengan margin 35 poin hari ini.

Raptors pada mulanya memiliki kans untuk membalikkan keadaan. Mereka mampu mengimbangi tuan rumah sampai menit ketujuh kuarter dua (40-40). Namun, Kyle Korver, garda tembak Cavs, membuat Raptors kehilangan momentum lewat tripoinnya. Setelah itu, tim asal Cleveland pun mendominasi pertandingan dengan tidak pernah tertinggal lagi sampai akhir pertandingan, terutama ketika DeMar DeRozan, garda andalan Raptors, dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras kepada George Hill di kuarter tiga.

Secara keseluruhan, DeRozan hanya mencetak 13 poin di pertandingan ini. C.J. Miles yang tampil sebagai pemain utama juga menyumbang angka yang sama. Serge Ibaka menggantikan Jonas Valanciunas di posisi senter mencetak 12 poin. Sementara itu, Valanciunas sendiri menjadi pencetak angka terbanyak dengan 18 poin meski turun dari bangku cadangan. Sayangnya, perolehan itu terlalu sedikit untuk melawan gempuran serangan Cavs hari ini.

Dengan demikian, Cavs pun melaju ke final wilayah. Mereka tinggal menunggu lawannya, antara Boston Celtics atau Philadelphia 76ers.

Foto: NBA

Komentar