IBL

Cleveland Cavaliers kembali menjadi petaka bagi Toronto Raptors di semifinal Wilayah Timur. Setelah menang di pertandingan pertama, kini Cavs menumbangkan Raptors lagi dengan skor 128-110 di Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada, Kamis malam, 3 April 2018 waktu setempat. Mereka pun unggul 2-0 dan hanya membutuhkan dua kali kemenangan lagi untuk melaju ke final wilayah.

LeBron James, forwarda Cavs, tampil bak meteor hendak memusnahkan pasukan dinosaurus; membuat Raptors kalang kabut dengan mencetak 43 poin. Ia memperoleh itu karena berhasil memasukkan 19 dari 28 tembakan field goal, termasuk 13 dari 19 di kuarter tiga. Belum lagi ia berhasil memberikan 14 asis dan 8 rebound untuk timnya hari ini.

Kevin Love membantu James dengan mencetak 18 poin dari total 31 (rekor poin tertingginya di playoff musim ini) di paruh waktu pertama. Ia memasukkan sedikitnya 11 dari 21 tembakan dan menggapai 11 bola pantul. Ini merupakan dobel-dobel keduanya di NBA Playoff 2018 meski sebenarnya ia kesulitan secara ofensif sepanjang babak ini. Maka, perolehannya hari ini sekaligus menjadi pembuktian dari upaya mengatasi kesulitan itu.   

Kemenangan Cavs ini juga tak lepas dari peran Kepala Pelatih Tyronn Lue yang melakukan rotasi untuk menahan laju pemain cadangan Raptors. Ia memasukkan Jeff Green (14 poin) dan Tristan Thompson untuk membantu James menghentikan efektivitas pemain cadangan lawan, mengingat mereka memiliki pasukan cadangan terbaik di musim reguler. Hasilnya, Raptors mengalami masalah pada permainan mereka.

Secara ofensif maupun defensif, Raptors berada di peringkat lima terbaik di liga musim ini. Namun, hari ini mereka justru kesulitan menyerang dan menahan laju Cavs, terutama di paruh waktu kedua. Cavs meninggalkan Raptors 67-47 di dua kuarter akhir dengan akurasi secara kesuluruhan mencapai 67,5 persen dari field goal dan 57,1 persen tripoin. Sementara itu, akurasi lawannya tersendat di angka 48,7 persen dengan hanya 31,3 persen tripoin.

DeMar DeRozan, garda Raptors, mencetak 24 poin, tetapi akurasi tripoinnya nol persen (0-5). Begitu juga dengan Kyle Lowry; ia mencetak 21 poin di pertandingan ini, tetapi hanya mampu mencetak tiga di paruh waktu kedua. Ini semakin membuktikan, James dkk. benar-benar berhasil mendominasi permainan sehingga memenangkan pertandingan 128-110.

Cavs musim ini telah mengalahkan Raptors empat kali dari total lima pertemuan mereka sampai ke semifinal wilayah. James menjadi momok mengerikan bagi pasukan dinosaurus karena selalu menjadi pengumpul poin terbanyak Cavs dengan mencetak 25+ poin di tiap pertemuan, termasuk 43 poin hari ini. Dengan begitu, di pertandingan ketiga semifinal wilayah, James bisa jadi ancaman lagi untuk Raptors. Pertandingan ketiga akan berlangsung lusa di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.     

Foto: NBA     

Komentar