IBL

Cleveland Cavaliers melakoni laga ketiga melawan Toronto Raptors di semifinal Wilayah Timur dengan kemenangan. Mereka menumbangkan pasukan berlogo dinosaurus itu dengan skor 105-103 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Sabtu malam, 5 Mei 2018 waktu setempat. Cavs hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke final wilayah.

LeBron James, forwarda Cavs, lagi-lagi tampil bak meteor penghancur pasukan dinosaurus. Ia selalu tampil sebagai pencetak angka terbanyak ketika melawan Raptors musim ini, baik di musim reguler maupun di playoff. Kali ini, sang meteor itu menghancurkan Raptors dengan mencetak 38 poin, 7 asis, 6 rebound, dan 3 steal.

Perolehan James hari ini juga membuatnya selalu tampil dengan 25+ poin setiap kali melawan Raptors. Ia bahkan mencetak 43 poin di pertandingan kedua semifinal wilayah dua hari lalu. Namun, hasil itu tentu tak ia dapatkan sendiri. Kepala Pelatih Tyronn Lue memasang Kevin Love di posisi senter dan forwarda bergantian supaya ia bisa berhadapan dengan Jonas Valanciunas di area dekat ring. Ia menugaskan sang senter berhadapan seperti itu untuk memberi ruang kepada James dan penembak jitu lainnya melepas tembakan dengan leluasa.

Dalam pertandingan ini, Love mencetak dobel-dobel 21 poin dan 16 rebound dengan akurasi tembakan mencapai 50 persen. Kyle Korver, di sisi lain, menambahkan 18 poin dengan 4 dari 6 tripoinnya sesuai sasaran. Sementara itu, pemain bintang Raptors justru tak bisa berbuat banyak.

DeMar DeRozan, pemain andalan Raptors, bermain sebagai forwarda di pertandingan ini dan mencetak delapan poin saja. Hal itu terjadi lantaran ia hanya memasukkan 3 dari 12 tembakannya hari ini. Namun, rekannya duetnya di sisi belakang (backcourt), Kyle Lowry, berhasil mencetak 27 poin.

Dengan penjagaan Love, Valanciunas benar-benar tak bisa berbuat banyak. Ia hanya mencetak 10 poin meski berhasil merebut 11 bola pantul. Saat itulah pemain besar lainnya, seperti OG Anunoby dan Serge Ibaka, menjadi pilihan lain untuk mencetak angka. Anunoby mencetak 18 poin sementara Ibaka dari bangku cadangan memberi 11 poin.

Meski DeRozan tampil dengan poin minim, Raptors berhasil menekan tuan rumah dan menyamakan kedudukan 103-103 di detik-detik akhir. Namun, James justru menghancurkan harapan pasukan dinosaurus untuk hidup di pertandingan ini dengan menjatuhkan tembakan bak meteor. Di sisa 5,6 detik di kuarter empat, James membawa bola sendiri dari sisi pertahanan Cavs ke dekat ring lawan, lalu melepas sebuah floater sesaat sebelum bel berbunyi sekaligus membuat penonton di gelanggang berdiri. Cavs mememenangkan laga ketiga dan media sosial berguncang.

“Tembakan yang sulit. Membuatnya menjadi mudah,” tulis Dirk Nowitzki, forwarda Dallas Mavericks, tentang tembakan terakhir James di Twitternya. Sementara itu, Bam Adebayo, forwarda Miami Heat, mencuit emoji kambing yang berarti GOAT (greatest of all time) merujuk pada tembakan James.

Dengan kemenangan itu, Cavs memiliki kesempatan untuk sapu bersih di putaran ini. Mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke final wilayah. Pertandingan keempat akan berlangsung lusa di tempat yang sama.

Foto: Getty Images

Komentar