IBL

Cleveland Cavaliers berhasil memukul pemuncak klasemen sementara Wilayah Timur, Toronto Raptors. Mereka memenangkan pertandingan 132-129 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Rabu, 21 Maret 2018 waktu setempat. Padahal Cavaliers tampil tanpa Kepala Pelatih Tyronn Lue yang mengalami gangguan kesehatan. Larry Drew lalu menggantikan posisinya untuk sementara ini.

Kendati demikian, aktor utama dari kemenangan ini tentu bukan Drew, melainkan LeBron James. Megabintang NBA itu mencetak 35 poin dan 17 asis tanpa turnover di pertandingan ini. Ia pun menjadi orang ketiga dalam 10 musim ke belakang yang mengoleksi 17 asis atau lebih tanpa turnover di satu pertandingan. Dua lainnya adalah Chris Paul (2016, 2017) dan Rajon Rondo (2010, 2014).

“Saya tidak pernah melihat hal seperti itu,” ujar Drew tentang penampilan James, seperti dikutip Cleveland.com. “Maksudnya, 17 asis dan 35 poin tanpa turnover? Apa yang ia lakukan itu mengagumkan.”

James tentu tidak sendirian. Sejak dua hari lalu, Kevin Love telah kembali memperkuat timnya pascacedera. Hari ini ia mencetak dobel-dobel 23 poin dan 12 rebound. Sementara itu, George Hill menambahkan 22 poin.

Dengan performa itu, para pemain Cavaliers unggul di kuarter pertama. Mereka mampu menelurkan 42 poin, tapi Raptors juga menekan dengan mencetak 38 poin lewat dua garda andalan mereka, Kyle Lowry dan DeMar DeRozan.

Lowry mengumpulkan 24 poin ketika DeRozan menyumbang 21 poin di pertandingan ini. Kemudian, perolehan tambahan datang dari bangku cadangan. Jakob Poetl dan Fred VanFlett masing-masing mencetak 17 dan 16 poin. Sementara itu, senter utama Jonas Valanciunas memberi 15 poin.

Di kuarter dua, Raptors mampu membalikkan keunggulan 79-64. Perolehan tim tamu di paruh waktu pertama itu kemudian mengimbangi rekor poin terbanyak mereka dalam setengah babak. Namun, Cavaliers ternyata merusak perayaannya dengan memukul mereka di sisa pertandingan. 

Raptors merupakan tim dengan tingkat pertahanan nomor tiga di liga. Namun, Cavaliers justru membuat mereka kesulitan. Tim asal Ohio itu tampil dengan akurasi tembakan mencapai 60,3 persen. James dkk. pun mampu memasukkan 62,5 persen tripoin mereka. Itulah yang kemudian membuat mereka menang. Cavaliers mencetak 64 poin sementara Raptors hanya 50 di paruh waktu kedua. Skor berakhir 132-129 untuk tuan rumah.

Dengan hasil itu, Cavaliers sekaligus menjadi tim pertama sejak 1990 yang bisa memenangkan pertandingan setelah tertinggal sebanyak itu di paruh waktu pertama. Kegigihan mereka untuk membalikkan keadaan membuat mereka mampu melakukannya.  

Setelah ini, Cavaliers masih harus melakoni pertandingan di musim reguler. Mereka akan menjamu Phoenix Suns di laga selanjutnya. Sementara itu, Raptors akan pulang untuk menyambut Brooklyn Nets. Kedua pertandingan berlangsung lusa di kandang masing-masing.

Foto: John Kuntz/Cleveland.com

Komentar