IBL

Golden State Warriors kembali memenangkan pertandingan melawan New Orleans Pelicans di semifinal Wilayah Barat. Kali ini, Warriors menang 118-92 di Smoothie King Center, New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat, Minggu, 6 Mei 2018 waktu setempat. Dengan satu kemenangan lagi, tim asal Oakland itu bisa melangkah ke final wilayah karena unggul 3-1.

Kevin Durant, forwarda Warriors, mencetak angka terbanyak dengan 38 poin di pertandingan ini. Ia lalu menambahkan 9 rebound, 5 asis, 1 steal, dan 1 blok untuk menutup pertandingan dengan kemenangan. Sementara itu, Stephen Curry, garda, membantunya dengan 23 poin.

Klay Thompson, garda lainnya, mencetak 13 poin dengan hanya memasukkan 5 dari 13 tembakannya. Ia bahkan hanya memasukkan 1 dari 6 tripoinnya hari ini, padahal ia termasuk salah satu penembak jitu terbaik di liga. Dengan rata-rata 3,1 tripoin per laga, ia berada di peringkat empat pencetak tripoin tertinggi di musim reguler 2017-2018.

Kendati demikian, Warriors justru dapat memaksimalkan peran Durant yang serba bisa. Forwarda kaliber All-Star itu mencetak empat poin pertama timnya, lalu membuat Curry lebih sering memberi bola kepadanya. Menurut Curry, akan lebih bijak jika ia memberi bola kepada Durant karena rekannya itu punya kemampuan mencetak angka yang bagus.

“Saya mencari cara supaya ia (Kevin Durant) lebih leluasa mencetak angka,” ujar Curry seperti dikutip USA TODAY. "Kadang-kadang, itu tidak terlalu sulit—berikan saja padanya.”

Durant menjawab itu dengan memasukkan 15 dari 27 tembakannya dan berhasil mencuri kesempatan dari lemparan bebas (6/6). Sementara itu, rekan-rekannya fokus bertahan. Apalagi Kepala Pelatih Steve Kerr memasang Andre Iguodala di susunan utama dan menggeser Draymond Green ke posisi senter supaya Warriors dapat merapatkan pertahanan. Alvin Gentry, pelatih Pelicans, bahkan mengakui anak-anaknya tampak kesulitan menembus kawalan.

“Kami tampak tidak seperti biasanya,” komentar Gentry. “Kami sedikit tertekan ketika tertinggal.”

Di paruh waktu pertama, Pelicans sebenarnya masih bisa mengikuti permainan Warriors dengan hanya tertinggal tujuh poin (54-61). Namun, Durant dkk. justru terus meninggalkan mereka dengan unggul perolehan poin 57-38 di dua kuarter akhir. Hal itu terjadi lantaran Pelicans kesulitan melepas tembakan dengan akurasi hanya mencapai 36,4 persen dan tripoin 15,4 persen.

“Kami gagal memanfaatkan tembakan-tembakan mudah,” ujar Anthony Davis, senter Pelicans. “Kami tidak disiplin menjalankan strategi sementara mereka sedang semangat. Kami tidak bisa tampil seperti itu.”

Meski pun mengakui buruknya tembakan mereka, Davis di pertandingan ini dapat mencetak dobel-dobel 26 poin dan 12 rebound. E’Twaun Moore dan Jrue Holiday lalu menambahkan 20 dan 19 poin. Akan tetapi, perolehan itu tentu saja tidak cukup untuk melawan Warriors, karena pada akhirnya sang juara NBA itu memenangkan pertandingan keempat (118-92).

Warriors membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke final wilayah. Untuk itu, mereka harus memenangkan pertandingan kelima yang akan digelar lusa di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat.

Foto: NBA

Komentar