IBL

Jual-beli sepatu di pasar sekunder memang tengah menggeliat hebat. Untuk itu, situs gaya hidup Highsnobiety dibantu situs jual beli sepatu StockX mengumumkan 10 sepatu 2018 dengan nilai jual kembali tertinggi di Amerika Serikat terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Maret 2018. Data itu dihimpun dari harga laku sepatu-sepatu di laman StockX.

Sepatu-sepatu gaya hidup Nike dan adidas mendominasi daftar 10 besar. Kolaborasi Air Jordan 1 dan OFF-WHITE berwarna putih jadi yang termahal. Selain faktor kelangkaan, sepatu ini hanya dirilis di Eropa; menjadikannya sebagai barang buruan bernilai tertinggi. Kepopuleran itu berlaku juga untuk Air Jordan 1 OFF-WHITE GS (Grade School). Ini adalah edisi khusus dengan ukuran anak-anak sekolah dasar. Walau pangsa pasarnya lebih kecil, edisi ini berada di peringkat enam dalam deretan sepatu berharga tinggi di pasar sekunder.

adidas selaku pesaing terberat Nike menguntit di urutan dua, lima dan delapan. Andalan lini olahraga Jerman ini bukan teknologi boost, melainkan Futurecraft 4D. Teknologi boost yang menguasai pasar di tahun 2016 dan 2017 seakan tak mampu berbicara banyak di caturwulan pertama 2018. Akankah ini jadi akhir era boost? Bisa jadi. Bila Anda ingin membeli sepatu untuk dijual kembali, ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan membeli sepatu berbantalan boost.

Balenciaga masih jadi sepatu retro kasual berharga tinggi. Lewat siluet Triple S hasil kolaborasi dengan Mr. Porter, Balenciaga menancapkan dominasi sebagai sepatu berharga tertinggi ketiga di pasar sekunder. Lini busana buatan Christobal Balenciaga ini juga menitipkan dominasinya lewat edisi Triple S lain yang berada di peringkat sembilan.

Untuk sepatu dengan penjualan tercepat sepanjang 2018, Nike mengambil seluruh tempat dalam jajaran 10 besar. Jordan bahkan menguasai di empat besar. Kolaborasi bersama Supreme dan NBA menjadikan siluet Nike Air Force 1 Hi menjad sepatu terjual tercepat kelima. Sedangkan peringkat pertama diraih sepatu retro Air Jordan 3 Black Cement. Hal ini menunjukkan bahwa Air Jordan masih jadi sepatu paling menguntungkan di pasar sekunder.

Terlepas dari isu menjual produk tiruan, laman StockX masih jadi rujukan bagi para penggiatnya dalam mencari sepatu idaman. Selain jadi tempat jual-beli, situs buatan Josh Luber ini juga menyajikan data komprehensif pasang-surut harga sepatu di pasar sekunder.

Grafis: Dan Freebairn/Titelmedia

Foto: Sneakercon

Komentar