IBL

Lini penyedia produk olahraga asal Jerman, Puma, hadirkan koleksi sepatu lari dengan nama RS (Running System). Tak hanya satu, Puma langsung merilis tiga sepatu, di antaranya: RS-0, RS-100, dan RS-350. Lewat ketiga sepatu tersebut, Puma ingin meraih kejayaan kembali di ranah atletik berbasis teknologi mutakhir yang telah mereka geluti sejak lama.

Puma RS sebenarnya bukanlah seri baru. Mereka pernah merilisnya pada 1986. Saat itu, lari tengah jadi olahraga favorit masyarakat urban hampir di seluruh dunia, dan Puma RS jadi pilihan utama penggiatnya. Ketenaran sepatu ini hanya bertahan kurang dari dua tahun setelah Nike merilis Air Max dan adidas lewat seri New York dan boston. Walau pamornya telah turun, Puma masih mengarsipkan teknologi RS ini dengan baik.

Teknologi bantalan RS dianggap yang paling mutakhir di zamannya. Puma memperkenalkannya pertama kali lewat perilisan Puma RS-100 pada 1986. Kemudian, mereka merilis RS-350 setahun kemudian dengan teknologi lebih apik.

Puma RS-Computer yang dirilis pada 1987. Bila Anda membeli sepatu ini, maka Anda juga akan mendapatkan disket berisi aplikasi lari yang terintegrasi dengan chip yang diletakkan di tumit sepatu.

 

Dari seri RS pula Puma merilis RS-Computer, sepatu lari pertama di dunia yang tersambung dengan komputer. Puma RS-Computer memiliki chip yang terintegrasi dengan komputer untuk menghitung jarak lari, jumlah bakaran kalori, serta waktu olahraga yang ditempuh. Sepatu ini dianggap sebagai prototip aplikasi lari di komputer maupun pada gawai seperti Nike+ Run Club dan PUMATRAC.

Sayangnya, Puma tak melanjutkan proyek RS yang legendaris itu. Walau begitu, 30 tahun kemudian, mereka merilis ulang RS dengan menghadirkan siluet klasik berbalut sentuhan modern. Untuk perilisan perdana yang dijadwalkan pada 19 April 2018, Puma merilis ulang versi asli (Originial atau OG) Puma RS-0, RS-100, dan RS-350.

Ketiga sepatu ini akan jadi proyek besar. Puma dikabarkan telah menghubungi desainer serta butik sepatu kenamaan sebagai kolaborator untuk membuat Puma RS dengan versi berbeda. Namun, Puma masih belum memberi kabar lebih jauh tanggal dan siapa saja kolaborator tersebut.

Puma RS-0

 

Puma RS-100

 

Puma RS-350

Foto: Puma, Highsnobiety

Komentar