IBL

Selain Golden State Warriors, Boston Celtics juga terus diterpa badai cedera di minggu-minggu akhir musim reguler. Tercatat sepanjang bulan Maret, Celtics harus kehilangan Jaylen Brown akibat cedera kepala, Marcus Smart cedera ibu jari kaki, Daniel Theis robek pada otot lutut kirinya, dan Kyrie Irving juga bermasalah pada lutut kirinya.

Theis dipastikan tidak akan bermain lagi di sisa musim ini, Brown dan Smart diprediksi akan kembali sebelum playoff dimulai. Sementara sang bintang, Irving, baru saja menjalani operasinya dan membawa kabar yang bisa membuat para pendukung Celtics sedikit bernafas lega.

Irving baru saja menjalani operasi pencabutan kawat penyangga di lutut kirinya pada Sabtu pagi, 24 Maret 2018 waktu setempat, diprediksi akan kembali dalam waktu 3-6 pekan ke depan. Irving telah absen di lima laga terakhir Celtics akibat masalah pada lututnya.

Cedera yang dialami Irving ini adalah cedera bawaan sejak ia masih membela Cleveland Cavaliers. Tepatnya, ini adalah cedera lutut yang ia derita sejak laga pertama NBA Final musim 2014-2015 lawan Warriors. Tempurung lutut Irving mengalami retak setelah bertabrakan dengan Klay Thompson pada kuarter empat dan membuat ia absen di sisa laga final. Saat itu, Cavaliers harus kalah dari Warriors.

Melihat prediksi waktu pemulihannya, Irving akan kembali bermain paling cepat tiga minggu lagi, yang berarti tepat sebelum playoff dimulai pada 14 April mendatang. Sementara skenario terburuknya adalah enam minggu, yang berarti Irving baru bisa kembali bermain pada semifinal Wilayah Timur, dengan catatan Celtics bisa menang di putaran pertama playoff.

Selama lima laga beruntun sejak Irving absen, Celtics meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan. Ditambah dengan absennya Smart, Celtics kini bergantung pada Terry Rozier dan Shane Larkin untuk mengisi posisi garda pertama (point guard).

Irving sendiri total telah kehilangan 12 laga bersama Celtics musim ini. Dari total 60 laga ia mainkan, pemain berusia 26 tahun ini menjadi top skor tim dengan rataan 24,4 poin, 5,1 asis, dan 3,8 rebound per laga dengan akurasi mencapai 49 persen.

Ini adalah musim pertama Irving bersama Celtics, ia bergabung setelah tidak betah lagi di Cavaliers. Ia juga mampu membawa Celtics bertahan di jajaran atas Wilayah Timur. Musim lalu Celtics adalah pemuncak klasemen Wilayah Timur dengan Isaiah Thomas sebagai bintangnya. Sementara hingga laga ke-72 musim ini, Celtics bertahan di peringkat dua klasemen sementara dan menjadi satu tim selain Toronto Raptors yang telah memastikan tempat ke playoff Wilayah Timur.  

Foto: ole.com

Komentar