IBL

Oklahoma City Thunder sukses menumbangkan pemuncak klasemen Wilayah Timur, Toronto Raptors. Mereka menang 132-125 di Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada, Minggu sore, 18 Maret 2018 waktu setempat. Keberhasilan itu sekaligus memutus kemenangan beruntun terpanjang dalam sejarah Raptors. Karena sebelum kalah, wakil Kanada itu tengah mengemas 11 kemenangan beruntun.

Russell Westbrook, garda, 29 tahun, menjadi penampil terbaik Thunder hari ini. Ia berhasil mencetak tripel-dobel kelima beruntun dengan 37 poin, 14 asis, dan 13 rebound. Ia pun menjadi satu-satunya pencetak lima tripel-dobel beruntun sejak Michael Jordan (7 beruntun) pada 1988-1889. Kini Westbrook sendiri telah mencetak total 102 tripel-dobel.

Sementara itu, rekann duet Westbrook, Steven Adams, menyumbang 25 poin. All-Star Paul George lalu menambahkan 22 poin ketika Carmelo Anthony memberi 15 poin.

Pada pertandingan ini, Raptors cenderung mengandalkan duo garda mereka, DeMar DeRozan dan Kyle Lowry. Mereka masing-masing mencetak 24 dan 22 poin di pertandingan ini.

Thunder memulai laga dengan intensitas tinggi. Mereka berhasil mencetak 40 poin hanya di kuarter pertama—salah satunya—lewat duet Westbrook-Adams. Permainan mereka di menit 2:26 menjadi momentum keunggulan Thunder (31-27). Belum lagi setelah itu Westbrook berhasil melebarkan jarak setelah mencuri bola dan menombok ring sendirian. Namun, Raptors terus mengekor sehingga Thunder hanya unggul enam poin (40-34).

Di kuarter dua, Raptors memimpin perolehan poin 30-26, sehingga mereka sempat membalikkan keadaan. Mereka pun tampak berusaha menyudutkan Westbrook ke satu sisi untuk memblok lawan. Akan tetapi, nyatanya Thunder tak kehabisan akal untuk tetap memimpin. George berhasil memanfaatkan asis Westbrook dan mencetak dua poin untuk menjaga Thunder unggul 66-64.

“Mereka mencoba menyudutkan saya ke satu arah. Itu tak masalah,” komentar Westbrook, seperti dikutip nba.com. “Tidak masalah ke manapun saya diarahkan, saya tetap mengeluarkan kemampuan saya.”  

Setelah turun minum, kedua tim bermain ketat. Di kuarter tiga, misalnya, Raptors unggul tipis 98-97. Maka, pertandingan pun semakin panas di kuarter empat seiring permainan keduanya imbang 111 di sisa enam menit. Thunder lalu memanfaatkan sisa satu menit terakhir untuk unggul 129-125 sebelum para penggawa Raptors, DeMar DeRozan, Serge Ibaka, dan Pelatih Dwane Casey diusir wasit karena melakukan protes keras di sisa delapan detik. Thunder pun tinggal melanjutkan pertandingan untuk memenangkan pertandingan.

Selanjutnya, Thunder akan kembali melawat ke kandang lawan. Mereka akan berjumpa Boston Celtics lusa. Sementara itu, Raptors mesti berkunjung ke tempat Orlando Magic.

Foto: NBA

Komentar