IBL

Utah Jazz melakoni laga keenam putaran pertama NBA Playoff dengan menjamu Oklahoma City Thunder di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Jumat malam, 27 April 2018 waktu setempat. Memulai laga dalam posisi sudah unggul 3-2, Jazz wajib menang untuk lolos ke semifinal wilayah. Laga berjalan alot di paruh pertama setelah kedua tim sama-sama bermain ceroboh. Jazz menciptakan 10 turnover sementara Thunder enam. Akan tetapi, tim asuhan Quinn Snyder tampil brilian di kuarter tiga dengan mencetak 37 poin berbanding hanya 29 poin oleh Thunder. Meski Thunder sempat menipiskan selisih angka menjadi tiga poin saat laga tersisa 42 detik, Jazz mampu mempertahankan keunggulan dan menutup laga dengan skor akhir 96-91.

Ruki (rookie) Donovan Mitchell lagi-lagi tampil sebagai pemain tersubur Jazz setelah mencetak 38 poin, 4 rebound, dan 2 asis dari 14/26 tembakan. Sebanyak 22 dari 38 poin yang ia cetak datang di kuarter tiga, saat Jazz total mencetak 37 poin di kuarter tersebut. Mitchell lantas bergabung dengan Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain tahun pertama yang selalu mencetak 20 poin atau lebih di enam laga playoff pertamanya. Abdul-Jabbar menjadi ruki pada musim 1969-1970 lalu. Dalam enam laga tersebut, Mitchell menorehkan rata-rata 28,5 poin per laga.

Derrick Favors yang berada di lapangan selama 39 menit berkontribusi lewat 13 poin dan 8 rebound sementara Rudy Gobert mencatatkan dobel-dobel dengan 12 poin dan 13 rebound. Joe Ingles yang menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak bagi Jazz mencetak 12 poin, 7 rebound, dan 5 asis selama 42 menit. Alec Burks menjadi pemain terakhir yang mencetak dua digit angka dengan 11 poin meski memulai laga dari bangku cadangan. Jazz harus kehilangan garda pertama andalan mereka, Ricky Rubio, saat laga baru berjalan tujuh menit akibat bermasalah pada hamstring kirinya.

Dari kubu Thunder, hanya ada dua pemain yang mampu mencetak dua digit angka. Keduanya total menyumbangkan 65 dari total 91 poin yang dicetak satu tim ini. Russell Westbrook membukukan 46 poin, 10 rebound, dan 5 asis dari 18/43 tembakan sementara Steven Adams mencetak 19 poin dan 16 rebound. Paul George yang berada di lapangan selama 45 menit sekaligus yang terlama di antara para pemain di laga ini hanya mencetak lima poin. George total hanya memasukkan 2/16 tembakannya. Bahkan, George mencetak jumlah turnover lebih banyak ketimbang poinnya dengan total enam turnover.

Kemenangan ini membuat Jazz memastikan satu tempat di babak semifinal Wilayah Barat. Ini juga menjadi musim kedua beruntun Jazz lolos ke semifinal wilayah sejak terakhir kali melakukan hal serupa pada 2006-2008. Jazz sudah ditunggu tim dengan rekor kemenangan terbaik di NBA musim ini, Houston Rockets, di babak semifinal.

 Foto: Spokesman.com

Komentar