IBL

Utah Jazz mengantongi keunggulan 2-1 atas Oklahoma City Thunder sebelum memulai laga keempat di putaran pertama NBA Playoff. Bermain di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Senin malam, 23 April 2018 waktu setempat, Jazz kini tampil solid dan tidak terbendung. Mereka unggul 90-73 di akhir kuarter tiga sebelum menutup laga dengan kemenangan 113-96.

Rookie Donovan Mitchell terus menjadi tumpuan tim asuhan Quinn Snyder. Bermain selama 44 menit, ia berhasil mencetak 33 poin, 7 rebound, dan 4 asis dengan 13/28 tembakan masuk. Raihan itu sekaligus membawa Mitchell melewati Karl Malone sebagai rookie Jazz dengan poin terbanyak di babak playoff. Secara total, Mitchell telah mengoleksi 110 poin dalam empat laga sementara Malone membukukan 87.

Selain Micthell, ada 5 dari 12 pemain Jazz lain yang mampu mencetak dua digit angka. Joe Ingles mencatatkan 20 poin, 4 asis, dan 3 rebound dengan 5/11 tripoin masuk. Dalam empat laga melawan Thunder, Ingles mencatatkan rataan akurasi tripoin mencapai 46,7 persen. Rudy Gobert mencatatkan dobel-dobel dengan 16  poin dan 10 rebound sementara Derrick Favors membukukan 13 poin dan 4 rebound. Ricky Rubio menambahkan 13 poin, 8 asis, dan 6 rebound. Royce O’Neale menjadi pemain terakhir yang mencetak dua digit angka dengan 10 poin dan 9 rebound.

Dari kubu Thunder, ada empat pemain yang mencetak dua digit angka. Paul George menjadi top skor tim dengan 32 poin dan 6 rebound selama 40 menit bermain. Russell Westbrook menambahkan dobel-dobel dengan 23 poin dan 13 rebound dalam 36 menit. Carmelo Anthony mencetak 11 poin dan 6 rebound sementara Alex Abrines yang bermain dari bangku cadangan menambahkan 10 poin dan 3 rebound.

Laga ini diwarnai beberapa keributan kecil antarpemain. Diawali friksi antara George dan Ingles yang saling berbalas tripoin, pertengkaran pun berlanjut melibatkan Westbrook dan Jae Crowder. Crowder kesal dengan pelanggaran keras Westbrook, sehingga membuatnya bertengkar dengan beberapa pemain Thunder. Ia pun langsung dikeluarkan (ejected) wasit akibat kejadian tersebut. Namun, pertengkaran tidak berhenti di situ. Pertengkaran terakhir antara keduanya melibatkan Gobert dan Raymond Felton yang berujung pada dobel technical foul.

Kemenangan ini membawa Jazz unggul 3-1 dalam sistem tujuh laga (best of seven). Artinya, Jazz hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak semifinal Wilayah Barat. Laga penentuan tersebut akan digelar di kandang Thunder, Rabu malam waktu setempat.

Foto: Getty Images 

Komentar