IBL

Ricky Rubio sudah bermain di NBA sejak 2011, tapi ia belum pernah tampil di NBA sampai ia tiba di Utah Jazz musim 2017-2018 ini. Baru melakoni tiga pertandingan playoff pertamanya, ia pun sukses membawa Jazz menang 115-102 atas Oklahoma City Thunder di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Sabtu, 21 April 2018 waktu setempat. Jazz kini unggul 2-1 di putaran pertama.

Rubio, garda utama, menjadi pahlawanan kemenangan di pertandingan ketiga setelah mencetak tripel-dobel 26 poin, 11 rebound, dan 10 asis. Rookie Donovan Mitchell lalu memberi dobel-dobel 22 poin dan 11 rebound ketika Joe Ingles mencetak 21 poin dengan akurasi tripoin 50 persen.

Rudy Gobert, senter, juga menyumbang dobel digit angka dengan 18 poin. Derrick Favors lalu menambahkan 11 poin, 5 rebound, dan 2 asis.

Di kubu Thunder, Paul George menjadi mesin poin terbaik dengan 23 poin. Russell Westbrook hampir mencetak tripel-dobel dengan 14 poin, 11 rebound, dan 9 asis. Carmelo Anthony dan Raymond Felton di belakangnya dengan masing-masing 14 poin. Namun, perolehan itu tak berarti apa-apa ketika mereka kalah.

Rubio menjadi momok mengerikan bagi Thunder sejak paruh waktu pertama. Saat itu ia telah mencetak 19 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Sang garda utama itu mengamuk di kuarter dua dengan mencetak sedikitnya 14 dari total 36 poin Jazz di kuarter itu. Ia juga sempat memasukkan tripoinnya saat bel kuarter ketiga berbunyi, dan umpan-umpannya kepada rekan setim di sisa pertandingan membuat mereka mendominasi pertandingan.

Dengan sisa dua menit lebih, Kepala Pelatih Billy Donovan menarik trio Thunder: Westbrook, George, dan Anthony seolah mereka menyerah karena permainan Jazz hari ini. Rubio dkk. pun melanjutkan pertarungan mereka melawan pemain cadangan Thunder yang tidak mampu memenangkan pertandingan. Jazz pun unggul 2-1 di putaran pertama, dan membutuhkan sedikitnya dua kemenangan lagi untuk lolos ke semifinal wilayah.

Kedua tim akan bertemu kembali di tempat yang sama pada Senin, 23 April 2018 waktu setempat.  

Foto: Rick Bowmer/AP

Komentar