IBL

Utah Jazz melakoni laga kedua mereka di playoff melawan Oklahoma City Thunder. Tertinggal 0-1, Jazz berhasil membalas kekalahan mereka. Kali ini, tim asuhan Quinn Snyder itu menang 102-95 di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, Rabu, 18 April 2018 waktu setempat.

Dengan keberhasilan itu, Jazz pun akhirnya bisa menang di kandang Thunder. Padahal, sebelumnya mereka selalu kalah. Di musim reguler 2017-2018, misalnya, Jazz hanya menang sekali dari empat pertandingan. Itu pun menang di kandang sendiri, bukan di kandang lawan. Di playoff, mereka juga sempat tumbang di putaran pertama di Oklahoma.  

Donovan Mitchell, garda tahun pertama Jazz, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 28 poin. Ricky Rubio lalu menambahkan 22 poin, 9 asis, dan 7 rebound. Sementara itu, duo bigman Derrick Favors dan Rudy Gobert sama-sama mengumpulkan dobel-dobel. Favors 20 poin dan 16 rebound, Gobert 13 poin dan 15 rebound.

Di sisi lawan, Russell Westbrook hampir mencetak tripel-dobel dengan 19 poin, 13 asis, dan 9 rebound. Paul George, forwarda, memberi 18 poin dan 10 rebound. Carmelo Anthony lalu menyumbang 17 poin dan 9 rebound. Jerami Grant dan Corey Brewer masing-masing 13 dan 11 poin.

Jazz tampil konsisten di pertandingan ini dengan selalu mencetak 20+ poin di tiap kuarternya. Mereka pun unggul 53-46 di paruh waktu pertama lewat dua pemainnya. Rubio saat itu sudah mengumpulkan 12 poin sementara Favors 10 poin dan 8 rebound.

Di kuarter tiga, Thunder bangkit dengan mencetak 33 poin sementara Jazz hanya 21. Namun, di kuarter akhir, Jazz berhasil mempertahankan keunggulan mereka lewat Donovan Mitchell. Pemain tahun pertama ini mencetak 13 dari total 28 poinnya di kuarter itu.

Jazz bisa memenangkan pertandingan—salah satunya—karena menguasai bola pantul. Mereka mengumpulkan 56 rebound sementara lawannya hanya 46. Kendati begitu, Thunder terus-terusan melawan sampai Jazz hanya unggul 99-95. Sayangnya, Carmelo Anthony gagal memasukkan tripoinnya dua kali sehingga tim tamu menguasai pertandingan. Jazz pun menang 102-95.

Kini, kedudukan sama kuat 1-1. Jazz berhasil mengambil alih home court advantage sehingga nantinya pertandingan berlanjut ke Vivint Smart Home Arena di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Pertandingan ketiga akan berlangsung tiga hari lagi.

Foto: Sue Ogrocki/AP Photo

Komentar