IBL

Setelah bermain tanpa Stephen Curry sejak Jumat, 9 Maret 2018 waktu setempat, Golden State Warriors mesti kehilangan Klay Thompson. Penembak jitu andalan tim itu mengalami cedera retak tulang ibu jari kanan ketika melawan Minnesota Timberwolves Minggu lalu.

Mulanya Thompson dianggap hanya keseleo, tetapi diagnosis menunjukkan cederanya lebih parah dari itu. Menurut laporan ESPN, Keretakan tulang membuatnya harus menepi hingga dua minggu. Ia juga akan melewatkan setidaknya tujuh pertandingan, termasuk melawan Los Angeles Lakers hari ini, Rabu 14 Maret 2018 waktu setempat.

Kendati begitu, Kepala Pelatih Steve Kerr justru melihat ini dengan sudut pandang positif. Menurutnya, absennya Thompson bisa membuatnya istirahat sementara.

“Memang bukan hal yang menyenangkan, tapi untuk beberapa minggu dia bisa menjauh dari pertandingan. Istirahat untuk mengisi ulang tenaga mungkin hal yang bagus,” komentar Kerr tentang cedera Thompson, seperti dikutip Mercury News.

Dengan absennya Thompson, Warriors bermain tanpa dua garda all-star mereka hari ini. Kerr lantas memainkan Nick Young dan Quinn Cook untuk menggantikan keduanya. Selain itu, Warriors juga mesti kehilangan Draymond Green, sementara all-star Kevin Durant tetap di pasang sebagai lima utama. Itu artinya tim asal Oakland itu hanya bisa memainkan 1 dari 4 all-star mereka hari ini.

Di sisi lain, forwarda senior David West juga belum bisa tampil. Ia sudah absen di lima pertandingan terakhir Warriors karena kista di lengan kanan. Sementara itu, Andre Iguodala dan Jordan Bell yang sempat cedera sudah bisa tampil meski dengan menit bermain terbatas.  

Fakta lainnya, menurut StatMuse, selama empat tahun terakhir duet Thompson dan Curry sebenarnya relatif sehat. Namun, musim ini ceritanya justru berbeda. Cedera keduanya musim ini menjadi absen terbanyak mereka. Secara keseluruhan, musim ini mereka absen setidaknya 18 kali. Padahal sebelumnya hanya 5-7 kali.  

Meski begitu, Kerr tetap akan mengontrol para pemainnya untuk bisa tampil di sisa musim ini. Kini ia tengah mencoba membangun ulang kekuatan supaya para pemainnya yang cedera bisa sehat untuk playoff.

Foto: Steve Mitchell/USA TODAY

Komentar